Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara beternak burung kacer

Cara beternak burung kacer, Cara Ternak Burung Kacer, Ternak Burung Kacer Menguntungkan, Cara Budidaya Burung Kacer. Akan menguntungkan bila anda sudah sukses dan berhasil,  bukan hal baru lagi bagi para peternak burung. di bawah ini adalah cara beternak burung kacer, adapun perihal yang butuh di perhatikan didalam beternak burung kacer merupakan seperti berikut :
1. kandang ternak
yang butuh di perhatikan didalam pembuatan kandang ternak merupakan ukuran panjang 90 cm lebar 90 cm serta tinggi 180 cm, kenapa ukurannya 90x90x180 ? dikarenakan ukuran tersebut sesuaikan dengan lebar strimin, tiap-tiap pembelian strimin memiliki lebar standar 90 cm.
untuk rangka kandang merupakan dari kayu balo, pemakaian kayu ini mengingat karakter kayu yang keras, insyaallah tahan pada serangan rayap serta cuaca serta harga nya relatif lebih murah daripada kayu jati.
kriteria yang ideal untuk sesuatu cara berternak burung kacer adalah :
a. tumbuh-tumbuhan
b. kolam/ dapat diakali dengan cawan dari tanah liat / atau kaleng roti yang diisi air
c. area makan serta minum
d. pangkringan
e. glodok sarang
f. tulang sotong
2. indukan burung
mutu indukan kacer memiliki dampak pada mutu anakannya, oleh karena itu, indukan kacer sebaiknya dipilih yang memiliki mutu bagus yang cirinya lebih kurang seperti berikut :
- tidak cacat dengan fisik
- wujud badan yang besar serta panjang
- gerakkan gesit, enerjik, serta sorot mata tajam
- sudah memasuki periode birahi ( kurang lebih diatas 10 bln. )
- rajin berkicau
catatan :
a. indukan jantan dapat datang dari tangkapan muda rimba yang telah berusia kian lebih 10 bulan
b. indukan betina diusahakan melacak indukan betina yang telah jinak, umumnya indukan betina yang telah jinak datang dari burung hasil penangkaran juga yang berusia lebih kurang 1 th. ke atas.




masukkan calon indukan jantan ke didalam kandang penangkaran, lantas masukkan calon indukan betina kedalam sangkar harian lantas tempel terus sangkar harian tersebut ke kandang penangkaran atau masukkan sangkar harian tersebut ke didalam kandang penangkaran, lantas diamati sampai ke-2 calon indukan terlihat akur, didalam perihal ini si jantan dapat berkicau terus-terusan serta ditanggapi oleh si betina yang hinggap di dasaran sangkar sembari ngleper-ngleper. jika telah ada sinyal tanda layaknya perihal tersebut baru si betina terlepas ke kandang penangkaran.

kalau anda ingin ternak kenari coba baca Cara Proses Ternak Burung Kenari

4. periode bertelur
sesudah indukan digabung tidak sebagian lama si betina dapat bertelur, umumnya burung kacer bertelur 2-3 butir, janganlah lupa senantiasa sediakan tulang sotong sepanjang sistem penjodohan dikarenakan tulang sotong amat menolong didalam sistem pembuatan cangkang telur agar kuat.

5. pengeraman

periode pengeraman pada burung kacer umumnya berkisar sepanjang 14 hari sejak telur pertama keluar.

6. periode penetasan
sesudah burung kacer mengerami telurnya sepanjang 14 hari, jadi telur dapat menetas. perhatian : untuk tahu apakah telur burung kacer telah menetas atau belum baiknya dengan lihat keadaan lingkungan kandang lebih kurang adakah sisa cangkang telur yang dibuang atau tidak, baiknya untuk untuk jaga-jaga sesudah usia pengeraman 10 hari tiap-tiap pagi mengeceknya, andaikata telah ada sisa cangkang yang dibikin segera berikan makanan tambahan berbentuk kroto fresh serta jangkrik.
7. meloloh
pada saat meloloh, cukup berikan makanan hidup ( jangkrik, belalang, ulat, kroto ) tiap-tiap pagi, siang saat 10 serta saat 2 serta sore hari. sampai dengan si anak keluar dari glodok serta akan makan sendiri.
umumnya anakan usia 3 minggu telah dapat keluar glodok, usia 4 minggu anakan telah studi makan dengan langkah turut mematuk-matuk jangkrik yang didapatkan dari induknya, namun untuk dapat makan sendiri usia 5 minggu. anakan kacer usia 3 minggu telah mulai keluar sarang
8. mensapih anak
mensapih anak saat, si anak telah akan makan sendiri atau saat si indukan telah mulai mematuki anak saat anak mendekat, itu tandanya si indukan telah akan bertelur lagi.
sesudah perihal tersebut, segera si anak disapih didalam kurungan tersendiri. untuk membiasakan si anak makan voor, tiap-tiap pagi serta sore diberi kroto yang digabung dengan voor halus. untuk burung hasil penangkaran amat gampang sekali membiasakan dengan voor.

Sekian dulu anda telah membaca Cara beternak burung kacer

97 komentar:

  1. cara bedakan indukan jantan betina gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang bro, cara tentukan burung kacer cowok atau cewek secara mudah yaitu dengan melihat warna bulu sekitar perut, jantan hitam gelap sedang betina warnanya kurang lebih ABU-abu.

      Hapus
  2. cara menjodohkan butuh brapa lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pertanyaan anda kurang jelas.
      cara menjodohkan ?
      waktu lama jodoh ?
      butuh berapa lama kacer sampai rukun tidak bertengkar ?

      maaf aku tidak tau pertanyaan anda yg mana ....

      gini gan, syarat jodoh tentu rukun ya ... semua setuju dong ...
      waktu tiap burung berbeda gan,
      bisa langsung masuk rukun, bisa beberapa hari sampai burung kacer tidak bertengkar / saling menyerang. perhitungannya kemungkinan sekitar 1 munggu an gan.

      Hapus
  3. kacer sy sdh bertelor,tapi cuman 1,menetas bru dpt 1 minggu mati,npa y,pertanyaannya,,kpan bertelor lg,trus gmn cara merawatnya om....thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang banget, sabar bro, analisa saya sapa tau ok :
      > indukan anda baru pertama mengasuh piyik
      > makanan yg kurang higienis (hewan luar termakan dll)
      > dll

      piyik itu karena dipatok induknya atau kurang asupan makanan ataujuga keracunan ataumalah penyakit.
      solusi ideal : di suapi sendiri aja gan.

      gini aja , lebih enak dan lengkapnya klik :
      Proses Perawatan Piyik atau Anak Kacer

      Hapus
  4. bagaimana kalau baru menetas kita yang memberi makan..?dan makanan apa yang bisa diberikan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Harry nurcahyo

      Trik memberi jenis makanan pada piyik salah satunya dg kroto dg teknik lho ... jngn asal brondong.

      Hapus
  5. mas bro kalo indukan jantan satu dan betina lebih dari satu dalam satu kandang penangkaran bisa g ya?

    BalasHapus
  6. mas bro kalo satu indukan jantan dan dua indukan betina dalam satu kandang penangkaran bisa g ya?

    BalasHapus
  7. mas bro kalo satu indukan jantan dan 2 indukan betina dalam satu wadah penangkaran bisa g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih yakin bisa, syarat :
      - 2 betina jodoh dg si 1 jantannya
      - Sibetina tidak bertengkar sesama betina.
      Kurang lebih begitu, tapi penangkar asal gresik (faruk) sepertinya tidak pernah mencobanya gan.

      Saran aku : lebih masuk akal kalau 2 kandang betina tapi 1 pejantan kawin dg 2 betina.

      Mungkin ada teman2 yg bisa menambahkan, saya persilahkan ....

      Hapus
  8. Hal-hal yang dapat disarankan pada laporan penelitian ini adalah sebagai berikut:

    BalasHapus
  9. Hal-hal yang dapat disarankan pada laporan penelitian ini adalah sebagai berikut:

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Cara yg bisa di coba, :
      > pisahkan dulu jantan betinanya bila tidak rukun.
      > sementara jarak jangan terlalu dekat, sabar ya...
      > setelah rukun baru proses menuju masuk kandang....

      nb : di kandang juga ada prosesnya, jangan asal taruh dan tinggal, takutnya ada salah satu yg di Serang. trims, semoga tips ini membantu.

      Hapus
  11. ada yang tahu ternak kacer wilayah surabaya sekitarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke Kota Gresik, penangkarnya Bpk. H.Faruk

      Ternak:
      Kacer dada hitam
      cucak rowo
      murai batu medan
      lovebird
      dll.

      Pernah coba punglor boto dan cucak ijo tapi sementara ini masih belum bisa. semoga kapan2 bisa.
      kalau tidak ada penangkar, bisa saja burung dialam akan punah, duh sayang dong. semoga semakin banyak penangkar burung, demi pelestarian dll.

      Hapus
  12. salam kicau om..
    kacer ane udh rukun dalam 1 kandang..
    yg jdi prmasalahannya si betina siap kawin sedangkan yang jantan
    belum, setiap kali si betina deketin dan matukin mulut si jantan,si jantan selalu kabur2an.. skrg saya lg coba pke super breeding om..
    tpi hasilnya sama..si jantan msh malu..
    minta tips yg laen dong om agar si jantan mau dengan betina..
    padahal porsi jangkrik sdh saya bnayakin agar nbirahinya naik..
    trims ya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips :
      -> Pastikan idealnya usianya kisaran minimal 1th lebih / yg penting birahi.
      -> Si Jantan dalam kondisi sehat atau tidak masa mau mabung.

      sampai disini, bagamana dg burung anda.
      kalau bisa datanya agak lengkap ya sob.

      Hapus
  13. Berapa harga indukan sepasang kacer dada hitam pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksut pak deni harga indukannya ?

      dulu aku pernah tau kalau penangkarnya pernah jual indukannya (jebol kandang), kalau masalah harga indukannya anda bisa coba langsung menanyakan pada penangkarnya aja sob, namana pak faruk asal gresik.

      Terimakasih anda mampir di website blogger aku.

      Hapus
  14. Kalau penangkarannya hanya dkandang burung 1m*2m bisa ga ya?? Trus stelah kawin apa jantannya d pisah lagi??trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ukuran sangkarnya harus seperti itu solusinya menurut aku :
      - lebih baik kita kasih makanan burung tanpa harus masuk / sebisa mungkin kita jarang berdiri ketika didalam kandang, kecuali bila burung kacer anda super jinak (tidak terpengaruh).
      - lakukan kondisi anda berdiri sebaiknya ketika ada hal-hal yg penting ( contoh : anda memeriksa telur / memperbaiki posisi kotak / petangkringan dll ..)

      semoga membantu, kritik saran saya harapkan,,,, trims kang Dewi...

      Hapus
  15. Bagi pin bb dung biar bisa tanya2 tentang penangkaran kacer.dari medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^_^ ..... maap kang dewi,,, aq saat ini blm pny no pin bb.... maklum aku masih murni lugunya.... xixixixii... maap ya.... ^_^

      Hapus
  16. Sob....gimana cara ngeliat umur indukan Kc yg kira2 dh bs di jodohin ya..soalnya sy punya indukan tapi nggak tau umurnya brapa?
    Mohon infonya sob.tQ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara melihat umur (usia) kacer :
      > Dihitung sudah berapa kali ngorak sob
      Namun hal ini juga tidak dapat jadi patokan, karena terkadang ada burung kicauan yang mungkin mengalami mabung tidak normal, seperti 2 tahun sekali.

      > coba lihat pada jari kaki (nyisik atau halus) tentu dengan syarat normal ya sob.

      untuk usia kacer yg di tangkar sebaiknya yang siap / birahi sob.
      tanda normalnya tentu sering bunyi, apalagi sambil keluar gaya.
      kurang lebih demikian sob, trims kunjungannya ...

      Hapus
  17. cara mengobati pejantan kacer yang loyo gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacer loyo :
      -> coba cek apakah burung kacer anda mau mabung / ngorak
      -> coba EF di tingkatkan
      -> lebih di tingkatkan perhatian anda
      -> atau kacer anda terlalu sering melakukan hubungan intim ckckck...
      dll...

      kalau aku sih lebih suka cara alami, kecuali bila loyo akibat penyakit tentu beda lagi, kalau loyo biasa knp harus pake obat kimia..
      --- gitu saran dari aku, bila ada yg salah, mohon maaf.
      --- semoga anda puas, trims sob...

      Hapus
    2. low cara menjinakan burung kacer gimana gan

      EF yang paling bagus untuk burung kacer apa gan

      Hapus
    3. menjinakkan dan EF ini tujuannya apa dulu sob ? untuk ternak, lomba atau untuk rumahan.

      Hapus
    4. kalau untuk ternak apa sob

      Hapus
  18. om kicau kacer saya kaki nya kecil satu,apakah baik bila diternak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. om syeh, maksud anda kakinya diameternya kecil atau ukuran kaki pendek satu ? maap kurang jelas sob.

      asal kedua kaki bisa mencengkram dengan baik, insalloh semoga bisa sob.

      Hapus
  19. Mau nanya ni om. Kalo indukan betina cuma jinak lalat gmana om. Bkan dari peternak. Bsa ga om djodoin.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jinak lalat itu maksud anda kesit liar ?
      kalau menurut aku tidak ada masalah asal pasti jantan betina dan peletakan posisi yg baik diharapkan memperoleh tingkat keberhasilan yang sukses.

      Hapus
  20. Burung kacer saya sidah memasuki masa pengeraman 19 hari tpi blm juga menetas....kenapah ya gan ?
    Tpi indukan betina msh mengerami

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila sudah memasuki masa penetasan tetapi telur gagal menetas dan sudah dipastikan, maka kemungkinan :
      >> netas pertama kali (mungkin masih belajar)
      >> tidak seimbang tingkat birahinya.
      >> ef kurang mencukupi nutrisi indukan.
      >> dll.

      kesimpunnya tetap semangat.

      Hapus
  21. Saya sudah ternak baru 2 minggu sudah unjal kira2 jadi gak ya nanty.....

    BalasHapus
  22. Saya baru belajar ternak om burung kacer baru 2 minggu tapi dah mulai unjal kira2 positif jadi gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sih positif thinking aja sob.
      keep moving and smile. :D

      Hapus
  23. Kang ciri2 yg sudah jodo gimana?? Dan apa masih bertengkar atau kumpul kaya kenari yg sdh jodo bisa akur bersebelahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mukti siti
      Ciri-ciri kacer yang jodoh kurang lebih seperti berikut ini :

      Ciri-ciri indukan kacer sudah rukun adalah kacer jantan terus berkicau sambil mendekat ke betina, dan si betina meresponnya dengan turun ke dasar sangkar sambil berkicau khas kacer betina/ngepler-ngepler.
      Kalau belum jodoh, biasanya betina akan menghindar dan cuek kepada kacer jantan.

      demikian perkiraannya. kritik saran para senior bisa menambahkan. terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  24. sob ef yang baik untuk ternak apa sob ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kacer umumnya kemungkinan Jangkrik, Kroto/telur semut, ulat kandang dsb.
      sesuaikan dengan imajinasi dan kreativitas anda tentunya dong sob... ^_^

      Hapus
  25. om saya mau menayakan soal kacer saya....
    saya punya kacer sudah saya masukan ke kandang omm kacer saya kalau siang saling berjahuan dan kalau mau menjelang malam kacer saya tidur berdekatan, dan bila makan itu tidak pernah bareng atau saling bergantian. pertanyaan saya apakah kacer saya sudah jodoh, kalau blum apa solusi yg terbaik ooommmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai @nadia rizanty,
      tetap semangat sob, melihat tidur berdekatan tentu memiliki nilai positif cukup besar, solusi yg bisa dicoba bila anda ikhlas yaitu menurut imajinasi saya, kemungkinan indukan anda kurang birahi baik jantan betina atau salah satunya, jadi pemberian EF perlu di fokuskan. tentu lokasi suasana lingkungan atau kondisi external juga cukup mempengaruhi sob. kpn2 anda kasih gambaran kondisi burung anda sob gk pp.

      Hapus
  26. mas Bro Kalau kandang ternak Kacer berdekatan dengan Kandang Ayam,ada pengaruhnya gag mas bro?,Soalnya kandang q dempetan sama kandang ayam...(kacer Jantan Semi kacer betina juga semi)
    Terimaksih sebelumnya mas bro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas made, sepertinya anda punya bakat spiritual (sakti), peternak asal gresik yg bernama pak faruk memiliki kandang ternak yang diluarnya ada AYAM, BEBEK, malah yang terbaru saat ini telah ada yg menetas piyik MURAI MEDAN, dan saat ini masih di loloh manusia. (indukan murai medan jantannya lagunya menakutkan).

      jadi kesimpulannya anda tidak usah takut, kalau belum anda coba mana bisa tau hasilnya ? untuk masalah sukses tidaknya tentu Takdir dan pengamatan usaha penuh ketelitian dan optimis semangat 45 .

      demikian terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  27. KACER DADA HITAM SAMA KACER BANDUNG BISA DISILANG GAK OM

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah,saya melihat sendiri, pemiliknya pak faruk asal Gresik, dulu saya menyaksikannya dan berhasil, seingat aku yang jantan kacer hitam dan yg betina bulu dada putih.

      tapi saat ini yg silangan itu sudah tidak di ternak.

      Hapus
  28. maf mas, saya baru belajar nernak kacer...
    yg mau saya tanyakan...yg membuat sarang itu yg jantan pa betina?
    trs kalo dah ngunjal gt apa dah pasti jodoh????
    mohon saran dan masukannya....

    BalasHapus
  29. Misi om....ikut nimbrung nich.
    ..klo kacer sepasang dalam 1 kandang tdk berkelahi apa itu tanda udh jodoh ...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bagi saya merupakah hal positif dalam tahap awal proses penjodohan, namun untuk ternak jodoh yang sebenarnya tentulah kita menunggu waktu dimana sibetina mau diajak melakukan proses perkawinan dengan wajar dan tepat tentunya.

      Hapus
  30. Maaf semua saya mau tanya ni. Saya punya sepasang kacer poci udah produk 4x tapi sekarang si betina sedang mabung jadi gak mau nelor. Apa harus saya isah dulu sampai selese mabung trus di jodohin lagi biar mau nelor lagi

    Mohon bantuanya TrimaKasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aku itu wajar, sepertinya kedua cara tersebut bisa di lakukan.

      Hapus
  31. baiknya penangkaran dilakukan didalam ruangan(tanpa sinar matahari) atau diluar ruangan,,,
    apakah ada efeknya buat sijantan yg sudah berprestasi,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya anda suka ikut lomba ya... :) ?
      ketika anda merawat kacer untuk persiapan lomba tentu penyinaran matahari di waktu yang tepat merupakan bagian yang cukup penting tentunya , hayooo ngaku ... xixixi....

      Jadi sebenarnya tidak jauh beda mas sugeng, baik perawatan rumahan maupun untuk lomba juga pada penangkaran tentunya sama-sama membutuhkan sinar matahari pagi dong.

      Untuk Ternak silahkan dikreasikan diberi ruang sebagian bagi lewatnya sinar surya, jadi ketika cahaya matahari masuk menyinari sebagian kandang maka burung anda akan bebas menentukan apakah badannya memerlukan penyinaran atau cudah merasa cukup. Demikian semoga membantu.

      Hapus
  32. baiknya penangkaran diluar atau diluar ruangan juragan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang sugeng, mohon diperjelas pertanyaannya.
      apakah di luar ruangan itu maksutnya di lepas bebas ? :)
      namanya ternak tentu membutuhkan ruangan dong.

      Atau mungkin pertanyaan anda :
      " lebih baik ternak didalam satu rumah atau terpisah di luar rumah ?"

      bila pertanyaan anda demikian maka semua itu baik bila burung yang anda tangkarkan merasa nyaman senang dan terbebas dari gangguan baik dari predatornya atau suara bising dan lain sebagainya.

      Hapus
  33. mas broo mo tanya kalo kacer lagi ngerem tapi suka mandi wajar apa ga yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang hidayat mohon maaf , ketika mandi usia telur sudah dipastikan berapa hari ?

      kemungkinan :
      - ruangan cukup panas
      - tubuh burung merasa panas karena EF
      - usia telur cukup lama
      - dan benyak faktor yang lain tentunya.

      Hapus
    2. Saya nyari burung kacer betina

      Hapus
  34. kalo si betina sudah mengeram/angkrem..
    si jantan di ambil / di biarkan di dalam kandang?

    BalasHapus
  35. saat masa pengeraman si jantan di ambil / di biarkan dalam kandang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aku tahu langsung dari penangkar kacer asal Gresik yaitu milik bpk. H.Faruk, bahwa semua kandang indukan kacer waktu itu aku perhatikan dan aku yakini InsyaAlloh tidak ada yang di ambil Jantannya pada waktu betina mengeram.

      Tapi tidak menutup kemungkinan barangkali ada indukan jantan yang nakal, maka solusi pengambilan sementara pejantan bisa menjadi opsi positif demi harapan meningkatnya prosentasi keberhasilan tahap penetasan. semoga tips ini tidak bertentangan dengan syariat Islam. mohon kritik dan saran.

      Hapus
  36. Cari burung kacer betina brooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang aku tahu saat ini indukan kacer semua yg dikandang bpk. H faruk sudah tidak ada (sepertinya sudah dijual semua). kemungkinan fokus sementara ke MURAI dan Cucak Rowo labet perkutut dll. Tapi siapa tahu akan ternak kacer kembali.

      Solusi yang menurut aku sip dalam mendapatkan kacer betina, coba cari info ke teman yang ketika beli kacer muda ternyata betina, xixi... :) siapa tau anda mendapatkan harga super murah haha... selamat berburu kacer betina.

      Hapus
    2. Kola kedua indukan bukan dari penangkaran bsa d jodohin gak om

      Hapus
    3. Aku meyakini bisa, asal sudah cukup umur / birahi jantan betina pas dan situasi jmaupun kondisi kandang cukup kondusif.

      Hapus
  37. Assalamalikum,
    maaf mau nanya nih kalau didaerah palembang dimana saya bisa mendapatkan indukan kacer?
    trimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum Salam Wr.Wb. Untuk wilayah palembang bisa anda coba cari info di tempat2 komunitas burung berkicau berkumpul. :)
      semoga membantu, terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  38. Assalammu'alaikum gan..^_^

    Kalo saya mau ternak kecer tapi atap kandangnya itu pake plastik gmn gan? suhunya didalem sih agak hangat tapi nggk begitu terasa.. gpp apa buat penetasan telurnya nanti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam Wr Wb. ^_^

      Sayang aku gak begitu tau kondisi sebenarnya bentuk kandang milik anda. kalau bentuknya tertutup dan panas maka bisa dibayangkan suasana didalam bisa seperti open kali ya .... tapi aku rasa ini semua bisa di akali bila suhu ruang panas yaitu dengan mengatur ventilasi udara dan pemberian ruang air didalam sebagai penetral panas ruang. kalau ruang terlalu panas bagi indukan burung kacer aku khawatir si betina sering keluar sarang atau bahkan tidak mau mengerami dan juga bila di ibaratkan manusia maka bila suhu rumah kita panas maka mungkin kita tidak begitu betah di dalam. Jadi faktor kelembaban dan suhu yg ideal cukup penting ! termasuk juga kotak penetas tentunya dong.

      Hapus
  39. Askum gan,,,,sya punya sepasang kacer coba diternakin,,yg jantanya udah ngunjal dian masuk glodok,,tp betinanya belum mau ngunjal cuma ngliatin jantanya,,kenapa y

    BalasHapus
  40. Askum gan,,,mau nanya dirumah baru coba ternak kacer,,,yg jantan udah ngunjal tp yg betinanya belum mau ngunjal cuma gigitin bahan unjalannya aja dan ngliatin si jantan ngunjal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr. wb. Karakter Burung tentulah belum tentu sama, coba diamati di hari-hari berikutnya atau paling tidak ada tanda-tanda si jantan birahi dan betinya juga.

      Hapus
  41. Mas...minta id fb nya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini atau mungkin sementara ini website ini tidak sambung fb bang adul.

      Hapus
  42. gan burung kacer saya sudah menetas telurnya, selang beberapa hari kemudian piyiknya kok di makan oleh pejantannnya, apa perlu dipisahkan pejantannya dari kandang, atau gimana ? tolong masukannya gan thank,s

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dimakan atau dibuang ?

      tak menutup kemungkinan sepertinya si jantan birahi pada waktu ada piyik / juga lingkungan yg kurang nyaman.

      Hapus
  43. Saya ada 3 poci dan 1 lokal sdh produk. Kl kandang saya tambah betina 1 biar 1 kandang 2 betina 1 jatan. Bisa ttp produk tdk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu layak di coba, bila sibetina tidak cemburu mungkin bisa jadi. :) bila anda mencobanya silahkan sharing disini suatu hari untuk hasilnya.

      Hapus
  44. maaf gan mau nanya kacer saya sudah jodoh tapi kok ndak nelor2 padahal sudah bikin sarangnya bulat sekali tapi kok ndak nelur2 mohon solusinya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. barangkali ada hewan2 kecil ada didalam sarang ? atau siapa tahu si betina sudah bertelur tapi di luar sarang.

      Hapus
  45. Kalo yang saya tiga kali bertelur gagal semua itu oenyebabnya apa ya? Dan satu lagi ef untuk jodoan gimanaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagalnya bagaimana mas hery ?
      di buang indukan kah.

      EF menurut aku sih di imbangkan aja atau kalau bisa jantan betina bisa birahi .
      bagaimanapun sesuai karakter.
      contoh : jangkrik kroto ulat kandang hongkong dll.

      Hapus
  46. Mau nanya bos. Kalau ternak kacer di dalam ruangan tanpa cahaya matahari bisa gak ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku rasa bisa asal menggantikan fungsi kandungan sinar matahari dan udara yg menyenangkan buat sang burung kacer.

      Hapus
  47. Gan biar kacer tidak rusak ekornya gimana,aku ada kacer betina ekornya rusak terus jadi susah kawin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang aku tau dahulu dari penangkar kacer dg sepengetahuan dlm pengamatan aku , sepertinya tidak ada jodohan indukan betina yg rusak.

      mungkin solusi yg terbaik yaitu memisahkan dahulu untuk dibiarkan tumbuh normal sambil di amati, apakah penyebab rusaknya ekor ini oleh betinanya sendiri atau diserang oleh pejantannya.

      semoga membantu.

      Hapus
  48. Mas.. Kalo betinanya pengen dekat terus tapi malah pejantanya yang menghindar gimana mas bro?? Mohon pencerahanya... :)

    BalasHapus
  49. Mas.. Kalo betinanya pengen dekat terus tapi malah pejantanya yang menghindar gimana mas bro?? Mohon pencerahanya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya belum jodoh, bisa jadi si jantan tingkat birahinya kalah dengan si betina.

      Hapus
  50. maaf admin mau nanya neh proses pengeraman kacer apakah boleh indukan betinanya mandi,, tks informasinya.. by dedy bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Dedy, sepertinya aku meyakini tidak apa apa, kalau aku mencoba memahami betina :
      - bisa jadi lingkungan kandang yg cukup panas.
      - betina sudah mengukur suhu pengeraman.
      - merawat diri dg upaya lebih sehat.

      kesimpulannya aku meyakini betina sudah canggih.

      mudah2an penjelasan aku ini benar.

      Hapus