Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Proses Perawatan Piyik atau Anak Kacer

Proses Perawatan Piyik atau Anak Kacer memerlukan Tips trik teknik pola asuh moment waktu periode agar supaya diharapkan mencapai hasil yang optimal. Untuk itu kita asumsikan telur kacer anda berhasil netas secara sukses dan anakan sudah keluar dari cangkang telur. Tahap selanjutnya sobat perlu untuk memisahkan anak kacer dari induknya. Kita pilih hari yang tepat untuk menyapih mereka.. ( semoga Alloh SWT tidak membenci cara ini , amin , takut juga aku ). hari ke 5 sampai hari ke 10 setelah menetasnya telur adalah hari yang tepat untuk memisahkan anak kacer dari induknya. Bukan tanpa alasan sobat, saat usia piyek kacer masih dibawah 5 hari, kondisi piyek dikhawatirkan masih terlalu lemah, akibatnya akan susah bagi sobat untuk menyuapi piyek kacer. Sedangkan jika usia usia piyek lebih dari 10 hari, dia akan takut dengan kehadiran manusia, tentunya inipun akan membawa kesulitan bagi sobat untuk merawatnya. Akibat pemilihan waktu yang tidak tersebut, sudah jelas akan mengakibatkan hal yang buruk bagi si piyek. Demi kelangsungan hidup sang anakan kacer yg lucu dan imut itu :D

Proses Perawatan Piyik atau Anak Kacer

Piyek kacer yang telah sobat pisah (sapih) dari induknya tesebut bisa ditempatkan di wadah yang terlapisi dengan bahan yang sama pada sarang tempat bertelur dan mengeram. Supaya lebih aman dan nyaman bagi si piyek kacer, anda bisa tambahkan sesuatu yang lembut namun aman bagi si piyik dan bisa anda letakkan pada bagian atas sarang. Selanjutnya piyek bersama sarang barunya, sobat letakan dalam kotak kayu atau lebih amannya kotak tadi dimasukkan ke sangkar ternak love bird dari logam yg insyaalloh aman dari cengkraman hewan seperti kucing dan tikus (tips. fafan fido bin faruk) dan berikan lampu yang berfungsi untuk menghangatkan piyek. dan tips fafan fido bin faruk yang lain yaitu sangkar tadi beri kain penutup yg berfungsi agar kehangatan piyik tetap terjaga namun disesuaikan dg suhu & kelembaban yg ideal buat anakan kacer.

Artikel :
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird
Cara Ternak Burung Cucak Rowo 
Cara Ternak Burung Murai Batu
Cara beternak burung kacer

Pada tahap pengaturan makananya, berikan kroto yang telah dibersihkan dari kotorann dan bangkai-bangkai semutnya. Campuri kroto dengan sedikit air agar memudahkan piyek saat menelannya. Suapi piyek perlahan dengan menggunakan supit atau alat yang lainnya yang sekiranya cocok dan sesuai untuk digunakan sebagai alat menyuapi piyek.  Setelah usia 7 hari, sobat bisa menambahkan voer sebagai campuran kroto. Untuk lebih memastikan lagi bahwa piyek cukup menerima asupan gizi, sobat perlu menambahkan vitamin untuk burung bisa dg BxxxVit kedalam makanannya. (xxx nama merk gan  :D )

Setelah melewati usia 15 hari, sobat bisa mulai memberikan jangkrik yang masih kecil. Hilangkan kaki dan kepala jangkrik sebelum disuapkan kepada piyek. Setelah mulai terbiasa, menghilangkan kepala jangkrik dengan maksud mematikan si jangkrik dan mengambil kaki jangkrik bagian belakangnya saja (sutang) . (Tentu didalam hati kita tidak ada niatan menyiksa jangkrik ya ... cara ini semoga Alloh SWT tidak membencinya, amin ya robbal alamin)

Setelah si piyek tumbuh lebih dewasa dan mulai bisa meloncat-loncat, sobat perlu memindahkan piyek kesangkar yang lebih besar. Bisa sobat pindahkan ke sangkar gantung. Tapi perlu untuk sobat ingat. Untuk menghindari terjadi luka pada kaki piyek, tetaplah memberikan landasan yang terbuat dari bahan yang sama dengan sarang sebelumnya pada sangkar piyek yang baru. Sementara untuk sarana belajar meloncat, berikan tangkringan susun atau tangkringan bertingkat di dalamnya. Atau anda bisa menggunakan trik versi anda asalkan burung bisa senang dan gembira. :D

Proses selanjutnya pada induk si piyek setelah sobat memisahkan anaknya. Sobat bisa kembali merawat induk sama seperti saat proses perawatan penjodohan. Pada umumnya, antara 7 sampai 10 hari setelah hari perpisahan, kacer induk telah siap untuk bertelur lagi. Begitu seterusnya dan akan berubah ketika kacer induk dalam masa mabung.

Cukup mudah dong, ayo semangat ternak agar kacer di hutan lebih aman dari kelestariaanya, oh iya , para master bisa mengkritik dan menambahkan di kolom komentar, mohon maaf bila ada cara yg salah dan penulisan yg tidak jelas, semoga Alloh selalu memberi Rakhmat bagi kita , amin ya robbal alamin.
Artikel ini tentang Proses Perawatan Piyik atau Anak Kacer

8 komentar:

  1. OM, aq lagi coba nernakin kacer dengan ef (telur) dan saat komentar ini saya tulis saya lagi nunggu telurnya menetas, saya disi cuma minta doa dan dukunganya agar berhasil. biar bisa menjadi referansi teman2 kicau mania semua amin, amin ya robal alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelestarian hewan tentulah penting.
      mantap.
      semoga kita semua sukses dan berkah.

      Hapus
  2. Klo malam apa harus diloloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mengamati sekaligus belajar dari penangkar di foto atas.

      untuk proses pelolohan menurut aku kemungkinan tergantung ritme dan kondisi tiap orang tentulah berbeda ku rasa, bila dirasa siang hari kurang maksimal dlm pelolohan kurasa malam hari cukup tepat sebagai pengganti nutrisi di siang hari. yang penting piyik tidak terganggu dan nyaman sehat dan riang tentunya.

      Hapus
  3. Aku bru nemu sarang kacer di hutan,pas nemu dsto ada telur 1 n anakan 1 tpi masi merah,kira2 5 hr kemudian aku kontrol lg sarangnya yg aku liht masi sama spti bru nemu tp anakn td udah brwrna merah gelap..
    prtnyaan aku brapa hri lg kah aku bru bsa mngambil anakan kacer td.?
    Dan anakn itu kemungkinan jantan ato betina??
    Tlg dijawab ya...
    trims seblmnya...

    BalasHapus
  4. Aku bru nemu sarang kacer di hutan,pas nemu dsto ada telur 1 n anakan 1 tpi masi merah,kira2 5 hr kemudian aku kontrol lg sarangnya yg aku liht masi sama spti bru nemu tp anakn td udah brwrna merah gelap..
    prtnyaan aku brapa hri lg kah aku bru bsa mngambil anakan kacer td.?
    Dan anakn itu kemungkinan jantan ato betina??
    Tlg dijawab ya...
    trims seblmnya...

    BalasHapus
  5. Aku bru nemu sarang kacer di hutan,pas nemu dsto ada telur 1 n anakan 1 tpi masi merah,kira2 5 hr kemudian aku kontrol lg sarangnya yg aku liht masi sama spti bru nemu tp anakn td udah brwrna merah gelap..
    prtnyaan aku brapa hri lg kah aku bru bsa mngambil anakan kacer td.?
    Dan anakn itu kemungkinan jantan ato betina??
    Tlg dijawab ya...
    trims seblmnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto postingan diatas itu bukan aku ya gan.

      mas darmizul , menurut aku kalau diAlam seperti itu tidak usah di Ambil , biarkan mereka bebas dialamnya, bila perlu anda jaga agar tidak ada orang yg akan mengambilnya .
      mohon maaf bila ide aku kurang berkenan di hati anda.

      Hapus