Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Macam Ragam Jenis Ikan Cupang

Macam Ragam Jenis Ikan Cupang cukup Variatif, aneka corak bentuk indah menawan dong, Peminat Cupang bisa dibilang cukup banyak, Kawin silang antar cupang menghasilkan berbagai jenis ikan cupang baru. Untuk harga ikan cupang ini bisa sampai kurang lebih sekitar jutaan perekor dong. Biasanya dikarenakan bentuk ekor yang sempurna dan sering diikutkan kontes dan menjuarai kontes tersebut.

Berikut ini adalah berbagai jenis-jenis ikan cupang yang tersebar yang biasanya diternakkan oleh para pecinta ikan cupang dari sumber dunia maya, yaitu :

1. Cupang Plakat

Ikan cupang plakat adalah ikan cupang hias dengan bentuk ekor yang lebih pendek atau biasa disebut ikan ekor pendek. Cupang plakat berasal dari Thailand yang pertama kali mengembangbiakannya. Kata Plakat merupakan bahasa Thai yang berarti cupang laga atau cupang aduan. Cupang plakat memang sebenarnya merupakan ikan cupang aduan atau laga yang berasal dari cupang alam. Kata plakat untuk membedakan antara ikan cupang hias dengan cupang aduan untuk lebih familiar di kalangan internasional. Kecantikan ikan cupang plakat ini terlihat pada bentuk sirip, gigi yang tajam, keindahan & kerasnya sisik ikan maupun gaya bertarungnya.

2. Cupang Half Moon

 Ikan cupang Halfmoon atau setengah bulan adalah ikan cupang yang memiliki  sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah.Ikan cupang jenis Halfmoon ini pertama kali dibudidayakan di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982.
Kecantikan ikan cupang hias ini hampir terdapat di seluruh bagian tubuhnya yang memiliki ekor panjang dan berbentuk seakan-akan menyerupai setengah bulan.Ikan cupang Halfmoon ini juga ada pada jenis plakat atau yang biasa disebut dengan Plakat Halfmoon,bentuk ekornya hampir sama tetapi cenderung lebih pendek dari jenis Ikan cupang Halfmoon pada umumnya.

 artikel :
Cara beternak burung kacer
Cara Ternak Burung Murai Batu 
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird 
Cara Benar Ternak Ikan Cupang

3.Cupang Serit / Crown Tail

Ikan cupang jenis Crown Tail atau biasa disebut dengan Ikan cupang Serit ternyata berasal asli dari Indonesia. Kita selaku hobis cupang asal Indonesia patut bangga karena salah satu jenis cupang hias yang banyak difavoritkan hobiis, cupang serit-crowntail, merupkan ikan asli ‘cetakan’ peternak indonesia. Dan, hobis betta internasional pun mengakui hal ini.

4.Cupang Double Tail

Ikan cupang Double tail merupakan ikan cupang yang cukup unik bila kita melihat ekornya.Ikan cupang jenis ini mempunyai bentuk ekor yang terbelah menjadi dua di ekor bagian belakangnya.Ikan cupang ini juga di sebut dengan ikan cupang Cagak.
Setiap sirip ekor (belahan) tersebut memiliki ukuran yang sama besar dan sama lebar. Diduga, cupang cagak merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor (single tail).
Selain keanehan tersebut ikan cupang jenis ini memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Cupang cagak yang baik tidak memiliki celah atau spasi di antara ketiga siripnya (anal, kaudal, dan dorsal). Jika mengembang sempurna, keseluruhan sirip tersebut akan membentuk satu kesatuan berupa lingkaran utuh yang simetris.

itulah kurang lebih seputar berbagai macam jenis-jenis ikan cupang di seluruh dunia. Sebenaranya masih ada lagi sich, yaitu Ikan cupang jenis Giant. Tapi bedanya dengan yang lain hany ukurannya yang lebih besar beberapa kali lipat. Namun, untuk modelnya juga sama dengan yang lain, ada Giant Plakat, Giant Halfmoon, dan lain sebagainya.

Tentu menyenangkan ya ketika kita asik merawat dan memperhatikan, apalagi kalau kita bisa ternak ikan cupang sampai berhasil dan sukses. bagi para master dimohon memberikan komentar bila dirasa postingan diatas ada yang perlu dibenahi. artikel ini tentang Macam Ragam Jenis Ikan Cupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar