Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird

Cara MudahTernak Burung Lovebird, Belajar Budidaya Lovebird, Cara Menentukan Jenis kelamin Usia Produksi Tempat bertelur Lama pengeraman makanan memberi makan anakan lovebird.
CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN, jenis kelamin lovebird
Secara fisik jenis kelamin pada lovebird sangat sulit dibedakan. Jangan tertipu oleh lovebird yang kawin, karena lovebird yang kawin belum tentu lovebird tersebut jantan dan betina. Bisa jadi lovebird tersebut jantan semua ataupun betina semua. Cirinya adalah jika kira-kira dua minggu setelah kawin lovebird tersebut tidak juga bertelur berarti lovebird tersebut jantan semua dan sebaliknya jika kira-kira 2 minngu setelah kawin lovebird tersebut bertelur lebih dari 6 telur kemungkinan besar lovebird tersebut betina semua. Sedangkan cara yang digunakan kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelamin lovebird adalah dengan cara meraba tulang, dimana jika jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa lentur maka lovebird tersebut biasanya berjenis kelamin betina. Dan jika jarak antara tulang supit sempit serta terasa keras biasanya lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun cara tersebut tidak 100% benar. Unutk cara yang paling akurat yang sering dilakukan oleh orang-orang barat yaitu dengan cara tes darah dengan jalan mencabut sehelai bulu lovebird dimana pada pangkal bulu lovebird tersebut terdapat sedikit darah yang menempel selanjutnya di bawa ke laboratorium yang khusus untuk meneliti jenis kelamin lovebird. Cara inilah, cara yang sangat akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebird


USIA PRODUKSI
usia produksi lovebird
Lovebird bisa bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tersebut kurang baik untuk produktifitas loveird. Pada usia 8 bulan lovebird belum benar-benar matang untuk berproduksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Kalaupun berhasil kemungkinannya sangat kecil dan kualitas lovebird yang dihasilkan biasanya kurang bagus. Untuk usia yang bagus yaitu usia 1 tahun, pada usia tersebut lovebird benar-benar sudah siap untuk berproduksi.



TEMPAT BERTELUR
sarang lovebird
 Dalam berkembang biak lovebird memerlukan tempat untuk meletakkan telurnya. Tempat tersebut harus kita sediakan dengan baik sehingga lovebird bisa mengeram dengan tenang dan telur lovebird dapat menetas dengan baik.Tempat bertelur lovebird berbentuk kotak dengan ukuran bervariasi. Untuk kotak yang ideal berukuran 20cmx20cmx25cm. Penempatan kotak tersebut harus terhindar dari terik matahari dan hujan. Selain kotak tempat bertelur jangan lupa disediakan pula bahan sarang, bisa berupa rumput kering, serutan kayu dll. Bahan tersebut diletakkan di dasar kandang, jika sudah mendekati masa bertelur lovebird akan membawa bahan sarang tersebut ke dalam kotak tempat bertelur untuk ditata sebagai dasar untuk meletakkan telur dan berguna untuk menghangatkan telur.


coba anda baca :
LAMA PENGERAMAN
pengeraman lovebird
Pada masa pengeraman lovebird memerlukan kondisi lingkungan yang tenang bebas dari gangguan apapun. Kondisi ini harus benar-benar di jaga agar mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa orang beranggapan bahwa kalau lovebird sedang mengeram tidak boleh dilihat/dipegang telurnya. Hal tersebut sangat masuk akal untuk menjaga ktenngan lovebird yang sedang mengeram. Namun kelemahannya bagimana kita bisa mengetahui apakah telur tersebut menetas atau tidak. Untuk mengatasi hal tersebut biasakan kita melihat isi kotak telur sebelum lovebird tersebut bertelur. Sehingga dengan kebiasaan tersebut ketika lovebird sudah bertelur dan mengerami telurnya kalau kita lihat tidak merasa terganggu karena
sudah terbiasa dilihat.
Setelah pengeraman selama 25hari telur belum juga menetas besar kemungkinan telur tersebut tidak menetas dan bisa di ambil biar lovebird bertelur kembali. Telur yang kita ambil tersebut kita pecah untuk mngetahui kondisi telur tersebut. Apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namun apabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.


MAKANAN LOVEBIRD
makanan lovebird
Agar lovebird yang kita pelihara dapat produksi secara maksimal, maka kita harus memberikan makanan yang berkualitas dan berfariasi. Demikian juga kita, kita akan bosan kalau tiap hari kita hanya makan nasi kucing Angkringan (maksutnya bukan kucing yg kita makan lho, kan haram, coba anda ke Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, aq kye belum tau :D , jokowi kayae suka ). Makanan yang disukai lovebird diantaranya: milet, jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, toge, dll. Untuk lovebird yang sedang menyuapi anaknya bisa ditambah dengan BR1 agar perkembangan anaknya baik.



CARA MEMBERI MAKAN ANAK LOVEBIRD

Untuk meningkatkan produktifitas induk lovebird dapat dilakukan dengan cara mengambil anak lovebird pada usia sekitar 10 - 14 hari. Di samping itu anak lovebird akan menjadi lebih jinak sehingga juga dapat meningkatkan harga jual lovebird. Anak Lovebird di letakkan pada sebuah kotak yang di beri alas kain handuk dan diberi lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan.

Pakan untuk anak lovebird bisa menggunakan bubur bayi instant yang banyak dijual di toko sekitar anda. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan dingin, ( hangat-hangat kuku ).
Pada awalnya campuran yang diberikan dalam bentuk yang tidak terlalu kental, semakin tambah umur anak lovebird, tingkat kekentalan makanan semakin bertambah pula.
Alat yang digunakan bisa memakai jarum suntik.

Pemberian pakan dilakukan minimal tiap 4jam sekali, secara teratur. Anda dapat menggunakan jadwal anda sendiri, sebagai contoh jadwal pemberian makan: 06:00, 10:00, 14:00, 18:00, 23:00.

Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, Anda bisa memberi mereka makanan di tempat makan untuk melatih makan pada anak lovebird. Makanan yang diberikan dapat berupa potongan-potongan kecil buah-buahan atau sayuran, telur rebus, pelet yang dicampur air hangat.

Pada usia sekitar 6 minggu, anak lovebird akan lebih tertarik terbang daripada makan apa yang Anda tawarkan. Mereka akan makan dan minum sendiri lebih banyak. Pada usia itu anak lovebird siap untuk di sapih.

sekian artikel ini tentang Cara MudahTernak Burung Lovebird

72 komentar:

  1. terimakasih kawan atas ilmunya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, aku senang bila artikel ini bermanfaat bagi anda.

      Hapus
  2. alamat ente dimn gan,kayanya ane tertarik mau coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. lokasi di gresik kota gan. monggo mampir. usman sadar.

      Hapus
  3. Bang ane minta alamat lengkap ama nomor telp
    Ane tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. starus burung via sms gsm no : 085 707 909 506

      terimakasih telah berkunjung, artikel :
      ternak lovebird

      Hapus
  4. gan. ane mau tanya nih... kalo lve bird gitu rata2 netesnya berapa lama yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penetasan berlaku sekitar 21 hari sejak telur di erami gan.

      terimakasi mampir di ternak gresik.
      by. (f&f) fafanfido
      penjual piyek lovebird, labet.

      Hapus
  5. Om saya mau tanya nih telur lovebird saya kan ada 5 ,,, kok yg netas cuman satu om :( yg ke 4 nya gmna tuh om ,,, apa telur nya mati atw gmna ya??

    Soal nya telur lovebird saya uda ada gambaran anak nya tpi kok gk netas" juga ya?

    Padahal uda lewat 25 hari an gtu om?

    #mohon pencerahannya om :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, sayang dong, analisa sementara :
      kemungkinan :
      1. mungkin bertelur tetas pertama kali
      2. kebutuhan makanan kurang optimal
      3. atau penciptaan suhu ruang kurang jos
      dll.

      solusi yg bisa di pake :
      1. coba lengkapi kebutuhan kesehatannya
      2. coba bila tetas ke 2 ambil setengahnya, lalu taruh di mesin penetas milik kamu atau tetangga agan.
      dll.

      semoga membantu .... terima kasih telah berkunjung di Ternak Lovebird dan komentar tentang solusi Tetas telur.

      Hapus
  6. indukan yg sudah siap kawin tanda2nya kayak apa sih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciri-ciri paling enak dan gambang, umumnya saling berdekatan dan melakukan suap paruh (mungkin saling menyuapi , maklum aku saat ini tidak mengerti bahasa lovebird :D ). apalagi kalau si jantan naik ke betina untuk melakukan proses perkawinan. semoga anda tetap semangat.

      Hapus
  7. Balasan
    1. terima kasih anda mau mampir

      artikel yg anda baca tentang seputar ternak labet

      Hapus
  8. gun ane punya love bird dah dua minggu yang lalu menelur sdh 2 butir tapi kenapa ya tidak mau mengerai

    BalasHapus
    Balasan
    1. kye kok sedikit telurnya ? mengerai itu mengerami ya ...
      yg jadi pertanyaan ketika selama 2 minggu itu indukannya masih mau mengerami atau dari awal sudah tidak mau mengerami ..? beda dong bro.... mungkin sementara analisa aku kemungkinan indukan lovebird anda pertama kali bertelur bro... lalu cek telur itu sekarang basih baik atau tidak.

      ok bro... semoga bermanfaat.

      Hapus
  9. Msh trnak lovebird,indukan ijo spasang brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas Irwan, yg Ijo apa maksutnya ? ijo standart apa pastel ijo ?

      Hapus
  10. Assalamuallaiqum..
    Maw tanya nie.. Mengapa y lovebird saya bila di kasih tempat penetasan sarang nya itu sellalu di gigitin..
    Apakh semua lovebird melakukan hal tersebut.. Lalu bgai mna cra mengatasinya..
    Mhon bantuan nya..
    http://Novaardiantika.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr.wb. Maksutnya Kotak Sarang ? kalau itu gk pp, biarin aja, yg penting bahan kotaknya aja yg kuat.

      solusi enak, coba kasih 1 petangkringan kayu buat bahan gigit-gigit ^_^

      Terimakasih mak Nova.

      Hapus
    2. *Assalamuaalaiqum*
      *maaf mas mau tanya lagi kan gini love bird nya udah lama sering kawin terus tapi kenapa y ko gak pernah bertelur* *jika seperti itu mengatasinya bgai mna y* ?mhon penjelasan nya maksih Mi Nova Ardiantika jangn pangil mak y mas.. Heee

      Hapus
    3. Waalaikum Salam Wr Wb. '
      Cara atasinya gampang... :
      1. Pastikan dulu umur indukan.
      2. Pastikan Indukan Jantan dan betina lho ya
      3. Makanan yg sip ya.. ibu hamil juga butuh nutrisi lebih dong dari yg masih blm nikah.
      dll.

      oh.. maaf, aku panggil mak.

      Terimakasih anda mampir ya mbok Nova yg hmm... ^_^

      Hapus
    4. xixixix.... ^_^

      keep smile... :D

      Hapus
  11. assalamualaikum gan... terimakasih bwt artikel'nya (y) .. mf mo tanya ni gan.!
    adakah ciri-ciri bila dalam tempo dekat lovebird yg akan bertelur baik dr pejantan atau'pun dr betina'nya ??? mohon wejangan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr wb. terimakasih kunjungannya sob.

      Coba anda simak artikel :
      Tanda-tanda Lovebird Betina AkanBertelur

      Hapus
  12. Maaf ikut tanya.apakah lovebirb lutino bs jodo sm lovebird warna hijau biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg susah ....
      ' bagi saya kemungkinan apapun bisa terjadi '
      Tapi masalahnya apa tujuan anda menyilang dg burung yg harga saat ini murah (ijo standart) ?
      Logikanya apakah anda tidak rugi bila nanti anaknya keluar ijo standart / pastel ijo ?
      tapi saya tentu tidak melarangnya, dg harapan siapa tau nanti keluar piyik dg warna yg lebih baru.
      inslloh semoga bisa asal jodoh dan saling jatuh cinta.

      kalau anda main lagu, mending keduanya seimbang.

      terimakasih telah mampir.

      Hapus
  13. Maaf bos.burung love bird sering bertelur tp tidak pernah menetas knp bos yach.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon mas eky pantau dulu apakan pejantan lovebird anda sudah cukup umur dan tingkat birahi yg sesuai standart normal ?

      tapi sebelumnya mohon di beri makan yg mencukupi kebutuhan indukan yaa..... ^_^

      Hapus
    2. Maaf bos mau tanya lagi.pejantannya saya kira sudah cukup umur kira2 usia18bln kurang lebih sama seperti indukan betina udah sangat birahimakanan untuk mencukupi kebutuhan induknya yg bagus apa yach bos.mohon penjelasan dan bantuan bos.biar istri dan anak saya senang karena sangat menyukai love bird.trims banyak bos.wassalam

      Hapus
    3. Maaf bos mau tanya lagi.pejantannya saya kira sudah cukup umur kira2 usia18bln kurang lebih sama seperti indukan betina udah sangat birahimakanan untuk mencukupi kebutuhan induknya yg bagus apa yach bos.mohon penjelasan dan bantuan bos.biar istri dan anak saya senang karena sangat menyukai love bird.trims banyak bos.wassalam

      Hapus
    4. hahaha... bisa aja bang eky ini... ^_^

      ini aku kasih info cukup rahasia yg kebetulan aku pantau dan pelajari dari penangkar asal gresik bernama pak h. faruk. kalau saya sih amatiran ckckckckck.....

      untuk lebih jelasnya klik link dibawah :
      Jenis Makanan Lovebird untuk Ternak

      Hapus
  14. Terimaksih atas infonya
    Lain waktu pasti aku akan datang lagi ke TKP OM

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip kang @Basir atas perhatiannya.

      Hapus
    2. Gan Saya punya 1pasang lovbrid berhasil netes tpi induk jantan ny jdi lumpuh kenapa ya gan

      Hapus
    3. mungkin kekurangan calsium (sepertinya produksi telur cukup menguras produksi kalsium) atau lebih enak bawa ke dokter hewan aja untuk lebih jelasnya...

      pertanyaan saya : apakah anda terlalu menggenjot produksi telur lovebird anda?

      hehehe... contoh anda cowok, tinggal setor ke pasangan sah anda, tapi gimana dg cewek anda ? xixixixi.... ^_^

      dari : pemilik website.

      Hapus
  15. Gan sya puny 1pasang lve brid.berhasil netas tpi.induk jantan nya jdi lumpuh itu kenapa ya gan

    BalasHapus
  16. asalamualaikum gan saya mau tanya saya punya lovbrid 1pasang dah berhasil netes tpi induk jantan jdi lumpuh itu kenapa ya gan

    BalasHapus
  17. mas lovebird lutino sepasang sekarang harganya berapa? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga piyik sepertinya kurang lebih1 juta an...

      Hapus
  18. terimakasih atas ilmunya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya sob ari....

      Hapus
  19. Gan kalau lovebrid sedang mengerami telur nya , apakah boleh kita lihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya kok tidak pa pa, tapi tergantung burungnya ya sob, contoh bila anda merasa hitungannya telur sudah menetas tapi anda penasaran ingin lihat. atau anda ingin tau kwalitas telur di tengah waktu pengeraman. nah setelah anda melihat telur, tentu anda perhatikan tingkah laku indukan apakah masih mau mengerami. kalau bisa ketika anda memegang telur usahakan tangan bersih tanpa bau menyengat ya sob...
      InsaAlloh aman.... usahakan yg utama ucapkan Basmalah sebelum mengambil telur sob......
      ^_^

      Hapus
    2. asalamualaikum.. harga sepasang anakan lutino mm skrng brp pak bs minta bantu kirim ke tangerang selatan bs gak pak.. thx

      Hapus
    3. waalaikum salam @ande maradhona mohon maaf, untuk saat ini kami belum pernah kirim lewat paket, baik pesawat maupun kereta api. harap maklum.

      Hapus
  20. asslmualaikum mas...aku mau tanya nih,lovebirdku kayanya udh nelor nih,,dah masuk fase mengeram..tp indukan betinanya msh suka keluar mski hanya sbentar-sebentar...normalkah pengeraman sprti itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat LB Betina Mengerami telur dalam Glodok, kemungkinan otomatis si Betina akan sering berada dalam glodok, mungkin keluar sebentar untuk makan atau merenggangkan otot. Pada proses ini, si Jantan akan sering menyuapi si Betina.

      Hapus
  21. Gelombang Cinta 165 : " Assalamu'alaikum, Selamat siang sahabatku... mau tanya nih apakah Love bird dapat ditangkarkan atau di ternak dalam jumlah pasangan jodoh yang besar dalam satu kandang koloni besar ?"

    sahabat : " waalaikum salam, tentu bisa dong , penangkar asal gresik namanya pak faruk pun melakukan hal yang sama, baik koloni besar maupun per kotak sangkar. untuk cara koloni besar tentu anda masukkan beberapa indukan dan kotak sarang tentunya dsb. "

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum. ..bos mau tanya nih gimana cara menjodohkan lovbird, bagaimana mengetahui burung tersebut sudah jodoh apa tidak jodoh dan berapa lama ku harus menunggunya..???
    Untuk warna berbeda apakah warna anakanya akan bercampur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr wb. ... sebenarnya cukup simpel / mudah.
      kira2 seperti ini gan :
      - nempel seperti perangko ...xixixi....
      - paruh dg paruh saling bersama ( xixixi...)
      - tentu yg utama terjadi tumpuk tindih ( xixixi...)

      sob., coba anda baca komentar saya diatas untuk lebih jelasnya. terimakasih kunjungannya.

      Hapus
    2. untuk warna sebagai ilustrasi / gambaran :
      - indukan ijo standar VS biru standar maka berharaplah anakan tersebut menjadi pastel hijau atau dll.
      - dan lain sebagainya.

      dari segi ilmu biologi tentu berkaitan seputar turunan gen (genetika), saya rasa enak yg simpel2 saja lah. misal ingin mendapatkan lutino mata merah lebih enaknya kita beli saja indukan lutino mata merah, betul sob ?

      demikian kira2 pandangan saya sob.

      Hapus
  23. Assalamu a'laikum wrwb, gan minta pencerahannya ni,,,, kl lb yg sedang nelor, biasanya bertelur tiap hari apa brp hari sekali... Makash sebelumnya, salam kenal dr pemula dibogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih demikian :
      Siklus bertelur lovebird adalah sekitar dua minggu setelah mereka diberi kotak sarang maka telur pertama akan keluar dan setelah itu akan ada telur baru setiap dua hari sekali. Biasanya lovebird akan bertelur antara 2-8 butir dan normal jika tidak semua menetas. Masa pengeraman telur adalah 21-25 hari

      mohon para senior mengkritik bila salah.

      Hapus
  24. gan,mau tanya sekarang harga love bird anakan kira2 umur 2 bulanan berapaan?dari semua jenis love bird,,,matuur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda monggo mampir di penangkarnya langsung dg peternak asal gresik bernama pak faruk
      terimakasih.

      Hapus
  25. Mau tnya nih, saya punya lovebird sepasang tp dia gak mau kawin n masuk glodokan, tpi usia udh setahun . Bagaimana ya sahabat kicau, tolong saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak darmali, apakah labet / lovebird anda sudah di pastikan 100% jantan betina ? saya tidak bisa memberi komentar yg lebih jauh, sepertinya / kemungkinannya sesama jenis atau kurang birahi dll.

      Hapus
  26. Halo gan, mau tny nih. Bagaimana makanan untuk anakan Lb sy yg ada 3-4ekor. Sementara sy ga mau.loloh.sendiri.krn waktu..?? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah indukannya pernah gagal merawat piyik 3-4 ekor sob ?
      kalau anda tidak ada waktu maka solusinya menurut aku dibiarkan aja dirawat induknya atau anda rawatkan sama yang ada waktu / biasa merawat piyik, sepertinya perawatnya dibayar persenan per ekor sob.

      Hapus
  27. misi gan numpang tanya, LB ane da 2x nelor,,yg pertama cuma nelor 2 butir ,,g ada yg jadi,, kemaren nelor lagi tapi kali ini 4 telor,setelah ditunggu sampe 25 hari,g ada yg netas sama sekali,,
    karakter induk ketika tanagn masuk mw naruh makan,mangap2
    kira-kira knapa ya gan kog gagal netas terus?? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. owalah ... sabar ya...
      kemungkinan ada salah satu indukan yang kurang birahi, atau jangan2 yang didalam sangkar ternak anda itu betina semua.
      kalau anda sudah memastikan dg melihat sendiri burung labet anda kawin maka kabari aku, karena saya yakin anda belum pernah melihat pasti.

      Hapus
  28. masbroo,saya mau tanya ni?saya kan punya sepasang LB ..pas saya beli lb nya di induk betina nya ada telur..nah yang mu saya tanya..apa bisa induk lb yg lagi ngandung itu saya pindahkan dari sangkar lama ke sangkar yang baru..tp sblm saya pindah kan udah saya jemur selama 2 hari??mohon bantuan nya masbroo

    BalasHapus
  29. masbroo,saya mau tanya ni?saya kan punya sepasang LB ..pas saya beli lb nya di induk betina nya ada telur..nah yang mu saya tanya..apa bisa induk lb yg lagi ngandung itu saya pindahkan dari sangkar lama ke sangkar yang baru..tp sblm saya pindah kan udah saya jemur selama 2 hari??mohon bantuan nya masbroo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah burung pindah sangkar, aku rasa jelas bisa dipindah, tapi untuk lebih menjaga kenyamanan , kenapa harus dipindah sangkar kalau memang didalam perut burung betina ada telur yang bila menetas nanti diperkirakan 100% netas.
      Tapi anda jangan yakin dulu bakal bisa menetas bila ketika kamu membeli belum pernah melihat dahulu pernah menetaskan telur.

      Hapus