Halaman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Jenis Kelamin Anis Merah dari Segi ngeper

Jenis Kelamin Anis Merah dari Segi ngeper penuh misteri, diantara kita mungkin pernah merawat AM beberapa kali ngeper ketika tangan di dekatkan dan ketika dijemur sendirian, lalu apakah Anis Merah itu Jantan atau Betina ? Anis merah / Punglor boto betina tentu umumnya ngeper dong tapi belum tentu AM ngeper itu pasti betina, bisa saja punglor boto ngeper itu menandakan sedang manja.

Cara tepat membedakan Jenis Kelamin Anis Merah dari melihat ngeper dg jitu dan gampang

Dekatkan AM anda dengan Anis merah yg gacor ngeplong, apabila punglor boto anda tidak ngeper maka kemungkinan jantan. :D
cukup mudah dan simpel ya .....
Fisik AM tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jantan/betina kecuali Anda pegang dan dilihat kloakanya sekaligus diraba tulang supitnya (dua tulang penggapit kloaka/tulang pinggul?). Kalau antar tulang supit relatif longgar sekaligus kloakanya besar/memerah, kemungkinan besar betina. Kalau sempit dan kloaka rapat, kemungkinan besar jantan atau bisa juga betina tapi masih muda.

Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kepastian jantan betina AM , kecuali bila anda sudah profesional atau punglur boto anda ternyata bertelur, meskipun jumlah telur itu 1 bj apalagi banyak. ^_^

Contoh kasus :
  • AM tersebut sudah nretet-nretet dan ngriwik tapi belum berani ngeplong
  • AM tersebut sering ngeper dan ngecir-ngecir kalo sangkar mau di pegang apakah AM tersebut betina ? pernah di trek dengan AM tetangga yang gacor tapi burung tidak ngeper malah naik turun tangkringan
  • Gimana supaya AM tersebut cepat ngeplong ? contoh Perawatan harian punglor boto jam 5pagi AM di embunkan, jam 7 mandi trus jemur sampe jam 9…jangkrik 3/3, cacing 1/2hr, pisang kepok/pepaya selang-seling bergantian
Penangan kasus seperti diatas bisa di beri solusi sebagai berikut :
  • ngecir bukan pertanda AM betina. Cuma kalau AM jantan ngecir, itu berarti kondisi fisik belum fit betul. Rawatan sudah ok, cuma pisangnya lebih baik tidak perlu diberikan kecuali benar kepok putih. Kalau keliru kepok kuning, burung biasanya bebelen (sulit buang kotoran). Coba kalau apel masir (yang empuk) mau, diberi apel.
Semoga postingan ini bisa membuat Anis merah kita jantan jadi sehat dan tidak salah pilih, mohon maaf bila ada salah informasi, kritik saran bisa anda layangkan di kotak komentar di bawah. terimakasih, artikel diatas tentang aaa 

2 komentar:

  1. Saya pernah mengetahui di berbagai penghobi anis merah, ada yang tidak ngeper tapi gacor dan ngeplong lalu teler, saya fikir itu jantan, sampai pada akhirnya pemilik anis merah tersebut tersenyum penuh misteri, sambil berkata : ayo tebak, ini anis merah jantan atau betina? Tentu saja saya langsung menjawab, ini sudah pasti anis merah jantan, lalu pemilik tersebut tertawa lepas, akhirnya saya bertanya : ko bapak tertawa seperti itu, memangnya jawaban saya salah? Ternyata pemilik anis merah tersebut menjawab : jawaban bapak salah, sebenarnya ini anis merah betina, lalu saya menjawab : ko bisa? Lalu pemilik anis merah menjawab : iya, saya tau betina karna burung anis merah ini sudah dia rawat 5 thn lebih dan sudah pernah bertelur 3X pada masa telurnya, jadi dia yakin bahwa burung anis merah dia itu betina.
    Sungguh terkejut saya mendengarnya, tapi memang ini kenyataan yang terjadi, pertanyaan saya : apakah semua burung anis merah bisa berkicau variasi dan gacor ngeplong lalu teler?
    Karna saya sudah melihat sendiri, kalau anis merah betina memiliki suara kicau yang bervariasi dan ngeplong lalu teler.
    Apa ada cara tepat yang bisa memastikan 100% burung anis merah jantan atau betina secara biologis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas subroto, cukup menarik komentar anda.

      Saya sebenarnya sudah cukup lama mendengar kabar kalau anis merah betina bisa teler. (tapi aku yakin sepertinya tidak pernah melihat langsung dg mata aku sendiri)

      analisa : "kemungkinan bang subroto melihat pada saat burung anis merah tersebut sendiri / dipisah."

      solusi :
      => " coba anda gandeng dengan anis merah jantan pasti"
      info coba di lihat lagi pada artikel diatas.
      => " perhatikan warna sayap "

      aku sepertinya dulu pernah mendengar kabar kalau bila di gantangan lomba terdapat anis merah yang betina maka kemungkinan anis merah disekitarnya akan meletik (burung tidak kerja seperti biasanya atau malah cuman loncat2).

      demikian semoga bisa membantu, bila ada salah info mohon para master untuk mengkritik, terimakasih kunjugannya.


      Hapus