Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Macam EF Penting Untuk Anis Merah dan Fungsi

Macam EF Penting Untuk Anis Merah dan Fungsi - Burung Anis Merah atau Punglor Boto merupakan makhluk hidup yang membutuhkan makanan sebagai asupan tenaga dan perkembangan. Kenapa Anis Merah berkicau atau juga sambil teler ? atau Apasih Pemicu Punglor boto mau bunyi ? jadi pada dasarnya  anis merah berkicau itu karena untuk menarik perhatian betina atau birahi tinggi, biar anis merah mau berkicau ya harus tau kapan dia bisa mendapat moment birahi tersebut. Salah satu caranya bisa didongkrak pake extra fooding. Bagi para senior yang sudah master juara Punglor Boto / Anis merah tentulah sudah menguasai yang namanya EF, walaupun belum teruji secara klinis atau laboraturium ada extra fooding untuk menaikan dan menurunkan libido anis merah.

Macam EF Penting Untuk Anis Merah dan Fungsi

Aneka Macam Ragam Extra Fooding ( EF ) untuk Setelan ( Settingan ) Pada Anis Merah dan Fungsi berikut Manfaat

  • Jangkrik
    Ada dua jenis jangkrik. Ada yang bondol atau bersayap, dan juga ada dua macem lagi yakni jangkrik liar atau tangkapan atau dari penangkaran/ternak. (sepertinya enak jangkrik yg ukuran kecil ). Jangkrik adalah extra fooding rata-rata anis merah. Dia bisa untuk mendongkrak libido anis. Hati-hati terlalu banyak si anis bisa kelewat birahi tinggi, bisa-bisa bukanya berkicau malah bergerak liar dan buas bak singa menerkam mangsa. Kata lain dia akan ganas berusaha menyerang anis lain atau yang lebih extrime malah menyerang si empunya.
    Jadi jangkrik memang bisa dibilang cepat untuk menaikan birahi anis merah dan memberikan tekanan lebih pada volume suaranya / Power . Berikan sesuai kebutuhan dan amati perkembangannya.

  • Cacing Tanah
    Ini katanya sih yang bisa bikin anis merah bisa telercacing tanah sifatnya seperti untuk cooling down jadi kalau anis anda kelewat birahi yah mungkin bisa dinetralisir dengan cacing tanah ini dan trik sering dimandikan biar adem kepalanya. coba anda mandi, tentu segar dong.   ^_^
    cacing bisa digunakan untuk mendinginkan suhu tubuh akibat birahi tinggi. Dan bisa juga opini diatas di pakai yaitu supaya bisa bikin teler, siapa tahu burung anda bisa teler. Tapi lagi-lagi kalau pemberian berlebihan hal ini menurut saya malah bisa menurunkan tekanan pada volume suaranya. Anda bisa beli cacing untuk mudahnya, coba di toko pancing atau pakan burung.

  • Ulat Bambu
    Nah kalau extra fooding yang satu ini menurut saya cocok untuk rekondisi. Artinya bila burung anda terlalu kurus salain pakan pur, ulat bambu bisa juga dengan cepat menambah berat badan. Ulat bambu bisa kita gunakan pada saat anis merah sedang masa rontok bulu atau sulam (mabung / moulting).

  • Kelabang
    Extra fooding favorit buat ikan arwana ini ternyata kalau pemberiannya tepat bisa bikin anis merah kita jadi jebret jebreeeeetttt gol. kelabang bahkan lebih cepat membuat birahi anis merah naik daripada jangkrik. Tapi resikonya juga cukup besar, anis anda bisa jadi galak dan birahi tinggi jika takaranya tidak pas. Ukuran kelabang harus disesuaikan, dan pemberian jangan dilakukan setiap hari. Karena karakter anis merah beda dengan murai batu. Kalau murai batu itu Mbahnya real fighter sejati jadi kelabang mungkin bisa jadi menu harian buat si murai. Untuk anis merah pilih ukuran kelabang kira-kira sebesar tusuk sate atau sepasang tusuk gigi dan panjangnya kurang lebih seperti itu, kalau terlalu besar dikhawatirkan bisa nyangkut di leher anis merah anda. Untuk Cara Pemberian Pakan Kelabang pada Anis Merah bagaimana dong ? Coba anda minta yang sungutnya sudah tidak ada, setelah itu potong menjadi 3 atau 4 bagian. Berikan pada saat burung anda sedang lapar, karena kalau tidak nanti cuma jadi mainan aja, dipatuk-patuk terus dibuang. Tips bagi kicau mania yang suka Lomba Burung Anis Merah / Punglor Boto :  ' sebelum lomba coba anda berikan ini pada anis merah, itu pun mesti dilihat jika memang dibutuhkan atau tidak. '

  • Belalang
    Ini hampir sama seperti jangkrik, yang membedakanya adalah belalang lebih susah di cari pada lokasi perkotaan dong, emang ada belalang makan beton semen ? hahaha...  belalang lebih lunak dari jangkrik jadi gampang dicerna dan kemungkinan tidak ada efek samping. Yang penting kaki belakang dan bulu sayap di buang, dan sesuaikan ukuran buat anis merah, jangan kasih yang sebesar jempol ya, bisa-bisa nggeblak kan kasihan.

  • Ulat Hongkong
    Ulat Hongkong (UH), sebaiknya jangan menggunakan UH sebagai EF harian karena UH memiliki efek (emosi) instan dan tidak terlalu berefek jika berselang hari. Anda bisa mendapatkan UH di pasar burung atau stand penjual burung berkicau Insyaalloh ada, kecuali stok pasaran hilang. fungsi utamanya hampir mirip dengan ulat bambu yaitu sebagai rekondisi, tapi ada hal lain yang lebih penting. pada warna coklat ulat hongkong bisa membantu mempercepat rontok bulu (kemungkinan memberikan efek lebih hangat), memang ada ulat hongkong warna lain? Ada tapi maksudnya yang lagi ganti kulit alias warna putih, nah ini bagus diberikan pada saat jeda lomba, karena tidak mengandung panas yang berlebihan, gunanya untuk tetap menjaga kestabilan suhu tubuh jangan sampai drop.

  • Pisang Gepok
    Ini sifatnya bisa sebagai rekondisi dan juga obat mencret. Pada manusia sudah dikenal sebagai pembantu alat pencernaan, dan bagus buat yang punya sakit maag. Tentu saja guna buah yang paling utama adalah melengkapi nutrisi Anis Merah menjadi lebih sempurna, disamping itu kadangkala digunakan sebagai pengontrol birahi dan pengendali kelangsingan tubuh Anis Merah. Salah satu buah yang biasa dipakai buat Anis Merah pada kondisi normal tentu Pisang, biasanya digunakan buat mempercepat pertumbuhan Anis Merah muda, karena kandungan karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi di banding buah lainnya.

  • Pepaya
    Pepaya / Kates sering saya berikan jika pupnya kering dan setelah burung sehabis lomba, dimana extra fooding berat sudah banyak masuk dan perlu cooling down. Tapi ingat jangan berlebihan ntar jadi mencret, secukupnya saja. Tapi kalau sudah terlanjur mencret ya sudah kasih aja pisang gepok. Nah disinilah maksud saya pentingnya memahami extra fooding, selain berguna untuk mengatur kondisi tubuh. Extra fooding masing-masing juga ada keterkaitan penawarnya. Pepaya, Lebih sering diartikan untuk menurunkan birahi (walau tidak signifikan) dan tidak beresiko membuat Anis Merah gemuk.

  • Apel Merah
    Apel, Biasanya digunakan untuk meningkatkan birahi (walau tidak signifikan) dan membikin suara menjadi lebih jernih, apel bisa juga bikin anis anda cepat birahi. Anda bisa coba juga trik ini
Artikel :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Ternak Burung Murai Batu

Tentu informasi diatas cukup membantu anda yg suka Lomba dan Ternak / Budidaya / Penangkara Anis Merah dong. Bagaimanapun Alloh SWT yang menentukan segalanya.

Mohon maaf bila ada informasi diatas untuk itu silahkan kritik dan saran bisa anda tulis di kotak komentar sebagai update kebenaran. Semoga postingan ini bisa membantu kita dalam perawatan Punglor boto dan Artikel yang anda baca ini tentang Macam EF Penting Untuk Anis Merah dan Fungsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar