Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Mengenal Perbedaan antara Burung Derkuku dan Puter

Mengenal Perbedaan antara Burung Derkuku dan Puter . Derkuku. Burung yang satu ini dikenal di beberapa daerah dengan penyebutan yang berbeda-beda. Secara umum di Indonesia menyebutnya tekukur, untuk orang yang tinggal di pulau Jawa menyebutnya derkuku, sedang di daerah sekitar Jogjakarta dikenal dengan deruk. Masyarakat jiran menyebutnya dengan denak dan dalam bahasa inggris disebut dengan Spotted Dove; Necklace Dove; Pearl-necked Dove; Spotted-necked Dove; Chinese Turtle Dove; Spotted Turtle Dove. Burung yang berukuran panjang sekitar 25-30cm. Paruh berwarna hitam, kepala berbulu coklat kelabu, dibagian leher belakang dihiasi bulu berbintik putih hitam sedang leher depan berbulu coklat kemerahan menyambung sampai ke badan sebelah bawah. Bulu dibagian punggung dan sayap luar dominan berwarna coklat dengan corak hitam ditiap helai bulunya. Bulu dibagian dalam sayap berwarna coklat gelap. Bulu disekitar dubur sampai ke bawah ekor berwarna putih, sedang ekor bagian atas berwarna coklat dan hitam dengan corak putih diujung ekor. Kaki berwarna merah tua ada juga yang merah muda dengan kuku berwarna hitam.

Foto Burung Derkuku liar Hasil di bawah ini aku foto di lokasi tempat tinggal adik aku. D5200 lensa 55-300mm +edit PS.
Mengenal Perbedaan antara Burung Derkuku dan Puter
Jenis burung Derkuku ada Jawa/lokal, Klatan, Sinom dan Putri mandi. Berikut kejelasan masing masing. Derkuku lokal banyak betebaran di desa desa dan berkembang biak secara alami.

Burung tersebut membuat sarang / menyusuh di pohon pohon yang tinggi dan banyak menyukai di pohon kelapa. Suaranya ketika manggung deg kutruu,ku, deg kutruu ku**.

Artikel :
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird
Cara Ternak Burung Cucak Rowo 
Cara Ternak Burung Murai Batu 
Langkah mudah ternak Perkutut

Burung Derkuku  Klatan 

adalah burung yang asalnya dari Negri Malaysia daerah klatan sehingga burung ini di sebut kelantan.
suara akan burung tersebut adalah hampir sama dengan lokal Jawa namun, perbedaannya suaranya ada yang ngangklung, yakni, deg ku trull ku***kuu, atau agak ada suara cedal atau pada L nya.

Burung Derkuku sinom

adalah burung yang awalnya jantan lokal yang sudah di kawin silang sama burung puter betina, sehingga suara akan burung ini menjadi ciamik, panjang dan berirama karena penggabungan suara puter dan derkuku.

saat ini burung yang di konteskan adalah burung silangan derkuku dan puter yang di sebut Sinom, kemudian hasil burung ini bisa bernilai jual tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Suara burung begini kira kira, deg kutruu**kuu** deg kutruu** kuu**. dst.

Terakhir Derkuku Putri mandi, burung ini sama dengan lokal namun perbedaanya bulu di lehernya ada yang sebagian warna hijau emas dan begitu pula di sayapnya.
Burung derkuku sifat alaminya di kala akan bertelur pasti akan membuat sarang di atas dahan.

Mengenal Seputar Burung Puter

Keberadaan burung puter selain sebagai pengasuh anak perkutut dan derkuku, juga dapat di kawin silang dengan derkuku yang akan di namai sinom.

Perlu kita ketahui puter banyak ragam jenisnya, ada puter irak, puter lumut, puter pelung, puter jawa dan puter putih

Burung derkuku ketika sedang persiapan bertelur bekerja dengan membuat sarang dengan mengusungi satu demi satu kemudian bawaanya di rajut dengan paruh.

Burung yang membawa calon tempatnya tersebut orang Jawa mengatakan UNJAL.

Unjal terdiri dari rangkaian calon susuh bisa dari jerami, rumput kering, dahan kering dan lain lainnya.

Burung anggungan yang satu ini tak lengkang oleh zaman, meski pasang surut sering terjadi kalangan para komunitasnya.
Burung derkuku lokal yang kini telah di krosing dengan burung anggungan puter sinom dan telah menghasilkan suara empuk serta merdu, sudah pasti banyak di lirik para penghobisnya.
Perawatan ekstra bagus wajib di lakukan, karena perawatan bagus akan berimbas burung suka manggung di kerekan atau di saat burung dalam lapangan kontes yang bersandingan bersama lawannya.

Sebagian kita mungkin memantau di setiap gelaran, ternyata kemngkinan burung derkuku saat di lombakan dengan cuaca cerah dan panas, justru akan menghasilkan suara yang maksimal, bahkan burung derkuku bagi sebagian penghobis mungkin meyakini bahwa cuaca makin panas burung makin ngejos

Beda burung tekukur jantan dan betina

  •  Secara fisik hampir tak ada perbedaan antara burung tekukur jantan dan betina tapi coba lihat pada anusnya, yg betina sedikit lebih panjang daripada jantannya. Sedangkan pada sifatnya, betinapun kadang2 mengeluarkan suara yg sama tapi saat ritual perkawinan seperti burung lainnya, burung tekukur jantan lebih aktif merayu tekukur betinanya.
  • Tekukur dewasa jantan: tubuh lebih gagah/ besar; bintik setengah lingkaran (kalung hitam) tegas dibanding betina; tulang selangka lebih sempit, betina lebar; anggung lebih besar dan berulang.. "Tek, kukurrr... kuk! (kuk bisa satu, dua dan tiga), betina kecil dan sekali.

Jelasnya, tengok duburnya dan hembus berulang, lalu perhatikan duburnya "ngempat-ngempot" efek hembusan. Jantan ada sedikit tonjolan kecil di lubang bagian atasnya.

Catatan: Masih jejaka dan prawan.

Klo sudah kawin: Betina lebih besar karna pernah bertelur... dan paruhnya lebih lebar pada pangkalnya, akibat meloloh (nyuapi anak)

Nilai jual jantan lebih mahal, dibanding betina.

Mengenal seputar Burung Puter
Yang menarik, puter berkalung hitam bahasa gaulnya di penghobis puter bersorban hitam banyak di lirik peternak karena memiliki suara yang panjang dan ngguguk.
Siapa yang tidak tau dengan burung puter. Jenis burung yang satu ini adalah burung yang tidak asing lagi dikalangan para penghobi. Suaranya sangat merdu, karakternya sangat jinak, dan termasuk burung yang paling mudah untuk dikembang biakkan. Harganya pun relatif murah. Warna dasarnya cuman ada dua, yaitu putih polos dan coklat dengan tanda garis setengah lingkaran pada bagian leher atasnya. Suaranya ada yang pendek dan ada juga yang panjang. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada burung merpati.
Burung puter pun bisa disilang dengan burung merpati, Burung puter betina bisa disilang dengan tekukur, dederut, atau pun dengan burung merpati. Hasilnya pun bermacam-macam tergantung dari kondisi indukannya. Perlu kehati hatian dalam menjodohkannya kalau tidak begitu maka bisa jadi gagal.
Sarang tersebut berada di atas kotak atau peti kayu. Itulah kuncinya bahwa dalam kandang besar tersebut ada kotak besar yang di atasnya dipasang sarang. Jika Burung Merpati jantan berusaha mematuk Burung Puter betina sambilnya mengejarnya karena belum jodoh, maka Burung Puter bisa terbang ke atas dan ke samping bawah kotak yang telah disediakan.
Lama lama burung merpati itu mendiami sarang yang telah disediakan dan sayapnya gerak gerak sambil keluar dari mulutnya suara khas memanggil sang betina. Akhirnya Burung Puter mendekat dan dudukdi samping Burung Merpati jantan itu dalam satu sarang. Kemudian keduanya jadi jodohan.

Demikian seputar Derkuku dan Puter dimana informasi ini ingin aku share berdasarkan beberapa info yang aku dapatkan dari internet dan dengan sedikit aku utak atik, namun bagaimanapun Alloh SWT yang menentukan segalanya. Semoga artikel kali ini bisa memberikan tambahan pengetahuan mengenai postingan Mengenal Perbedaan antara Burung Derkuku dan Puter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar