Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara Memanen Kroto Hasil Ternak

Cara Memanen Kroto Hasil Ternak | Waktu Pemanenan Budidaya Penangkaran Kroto. Bisnis jual telur semut atau kroto cukup menjanjikan dimana salah satu faktor penunjang bagi kesehatan pada burung berkicau yang cukup penting tentunya asal sesuai bagi karakter burung tersebut. Bila pengambilan di alam sudah tidak seimbang lagi maka tidak ada salahnya kita melirik atau mencoba usaha menangkar semut rangrang. Apalagi harga kroto saat ini cukup mahal / hari ini.

Disini aku mencoba membagikan informasi yang aku dapatkan dari internet. Perkiraan Kapankah waktu kroto mulai bisa dipanen? jawabannya, secara teoritis telur semut rangrang mempunyai daur 15-20 hari. Mulai dari telur-larva-hingga menjadi semut. Pemanenan bisa dilakukan setelah sarang semut terlihat penuh dengan telur atau kroto yang berwarna putih. Pada media atau sarang yang telah stabil, selanjutnya kroto bisa dipanen setiap 15-20 hari.
Pada awal budidaya, sebaiknya bibit koloni dibiarkan berkembang biak sehingga populasi semutnya bertambah. Setidaknya hingga 6 bulan pertama tidak dipanen terlebih dahulu. Kemudian setelah 6 bulan, pemanenan bisa dilakukan 2 kali setiap bulannya. Atau bisa diatur menjadi setiap hari dengan mengkombinasikan jumlah sarang dan siklus panen.

Tahap melakukan pemanenan adalah sebagai berikut:

  • Sediakan wadah berupa baskom atau ember plastik.
  • Siapkan juga saringan dari kawat ram, letakkan dalam baskom tersebut.
  • Pergunakan sarung tangan karet untuk menghindari gigitan semut.
  • Ambil media atau sarang dan tumpahkan isinya ke dalam baskom yang sudah diberi saringan kawat ram. Kroto akan jatuh ke dasar baskom sedangkan semutnya akan tersaring.
  • Bersihkan media paralon dan letakkan kembali kawat ram yang berisi semut pada rak.

Tahap Proses Pemberian Pakan

Aneka ragam macam jenis-jenis pakan budidaya kroto diantaranya adalah dari ulat, jangkrik, belalang, cecak dan sampai hewan kecil lainnya. Bisa juga disajikan daging ayam yang telah direbus agar tidak membusuk dan berbau. Atau, berikan tulang-tulangan, pemberian tulang sapi atau kambing harus dipecahkan sampai sumsumnya keluar. Pakan tersebut berfungsi sebagai asupan protein dan lemak bagi kroto.
Selain dari protein, budidaya kroto membutuhkan sumber gula. Di alam, semut rangrang mendapatkan asupan karbohidrat dari gula, biasanya berupa nektar yang dihasilkan kutu daun seperti aphid. Dalam budidaya kroto karbohidrat disediakan dengan memberikan gula pasir yang dilarutkan dalam air.

Artikel :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird
Cara Ternak Burung Murai Batu

Tips Trik Cara memberi makan pada Koloni Semut Rangrang adalah sebagai berikut:

  • Gunakan tatakan, bisa dari piring plastik atau wadah lain yang bentuknya ceper. Letakan bahan makanan dalam wadah tersebut, misalnya ulat hongkong, belatung, daging ayam atau tulang belulang. Wadah diletakkan pada rak disamping sarang semut.
  • Sebagai sumber gula, gunakan tatakan kecil untuk tempat air yang telah dicampur dengan gula pasir. Larutkan 1-2 sendok gula pasir pada sekitar 200 ml air bersih. Biasanya air larutan gula akan habis dalam 2-3 hari, tergantung pada jumlah koloni.
  • Sebagian dari kita mungkin menggunakan makanan hidup (tapi ini sesuai syariat Islam atau tidak ya ? WaAllohu A'lam bissowaf)
Berikut hal-hal yang cukup penting dalam ternak semut rangrang dg hasil kroto :
Pada Bibit koloni untuk budidaya kroto bisa didapat dari hasil tangkapan di alam atau membelinya dari petani lain. Ada kiat-kiat tersendiri untuk mendapatkan bibit koloni dari alam, yang akan kami uraikan dalam tulisan terpisah.
Apabila Cukup kesulitan mendapatkan bibit koloni dari alam, kita bisa membeli bibit kroto pada pembudidaya lain. Bibit kroto biasanya dijual dalam kemasan stoples atau botol plastik bening. Harganya cukup mahal, satu botol plastik berukuran 1 liter harganya sekitar ribuan rupiah.

Posisi kandang Sebaiknya diletakkan di tempat yang lumayan tenang, jauh dari gangguan, karena ratu semut membutuhkan ketenangan agar bisa bertelur dengan optimal. Kandang budidaya kroto akan lebih baik bila ditempatkan di ruangan tertutup.

Demikian  uraian mengenai seputar penangkaran yang cukup menarik untuk aku ulas, mohon maaf bila ada salah kata ataupun salah teknik, aku harapkan anda  sampaikan dikotak komentar dan artikel ini mengangkat judul Cara Memanen Kroto Hasil Ternak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar