Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara Memindahkan Piyik Perkutut ke Puter

Cara Memindahkan Piyik Perkutut ke Puter merupakan bagian teknik rawat asuh diluar induk aslinya. Dengan memisahkan piyik perkutut ketika baru berumur seminggu maka si induk perkutut bebas tugas membesarkan piyik perkututnya dan bisa segera bertelur kembali. Sehingga produktivitas akan meningkat bisa 2 – 3 kali lipat dibanding dengan bila induk perkutut harus menunggu piyiknya sampai besar.
Bagaimana tip-tipsnya memindahkan piyik perkutut ke puter secara aman dan nyaman ?
Demikian tips berikut ini:
Tips pertama : perhatikan tanggal nelor perkutut anda dan tandai, semisal perkutut anda bertelur tanggal 1-9-09 nanti saat usia telor seminggu kisaran 9-01-15 siapkan puter anda, cari yang bertelor saat itu, kalo tidak ada yang bertelur taruh telur palsu disarangnya (biasanya langsung dierami), kenapa harus diperhatikan tanggal pengeramannya, karena di saat kita memindahkan piyik perkutut dari indukanya yang kurang lebih sudah berumur 1 minggu, puter merasa telur yang dieraminya sudah waktunya menetas (alaminya unggas 2 minggu) jadi tepat tgl 21/22-01-15 piyik perkutut anda sudah bisa dipindah ke puter.
Tips kedua: perhatikan cara memindah piyikan sebaiknya dilakukan sore hari setelah piyik diloloh induknya, dan bila menetas dua ekor sebaiknya pindah seekor dahulu kemudian pagi/siang/sore perhatikan apa puternya/babysisternya mau meloloh si piyik perkutut atau tidak, bila tidak cepat-cepatlah dikembalikan keinduknya lagi tetapi bila mau meloloh maka piyik perkutut seekor lagi boleh dimasukkan.

Artikel :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Ternak Burung Murai Batu
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird
Cara Proses Ternak Burung Kenari

Tips ketiga: untuk makanan puter sebaiknya jumlahnya banyak dan bervariasi untuk menghindari sifat jenuh dari puter itu sendiri, dan usahakan setiap pagi dan sore biar sedikit mesti ditambah makanan, contoh makanan ideal untuk puter (milet, jewawut, kenari seed, milet merah, gabah bangkok, beras merah, ketan hitam, plus voor pedaging atau petarung atau voor burung berkicau)
Demikian sedikit tips memindahkan piyikan perkutut ke puter/baby sister, untuk jenisnya bisa puter apa saja, dan satu pasang puter bisa meloloh piyik perkutut mungkin sampai enam ekor.

Tips trik diatas kebetulan kudapat dari informasi internet dan kuutak atik sebagian dan semoga bermanfaat untuk kelangsungan budidaya burung berkicau dari kepunahan di Hutan Alam Raya, mohon maaf bila ada tips yang kurang berkenan alias salah maka mohon di tulis di kotak komentar untuk postingan kali ini mengenai seputar tentang Cara Memindahkan Piyik Perkutut ke Puter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar