Halaman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara Semai Biji Tanaman Cabai Lombok Tidak Ribet

Cara Semai Biji Tanaman Cabai Lombok Tidak Ribet | Tips Trik Mudah memunculkan Tunas dan Tutorial Utak Atik Tentang menanam lombok dari Bibit Biji Cabai alias Lombok. Siapa sih yang tidak mengenal salah satu bagian yang cukup penting dalam racikan bumbu dapur kuliner yaitu Lombok atau Cabai. Rasa pedas begitu menggairahkan lidah untuk menggugah selera makan tentunya bagi orang-orang yang bertipe seperti itu, tapi sebagian orang yang memiliki pantangan terhadap lombok oleh pakar logika kesehatan atau bisa dokter medis atau juga ahli kesehatan herbal tentulah sebisa mungkin dihindari demi harapan menjaga kesehatan.

Sensasi Rasa Lombok begitu mencolok pada jenis yang super pedas dong, dibawah ini adalah gambar tunas / semai lombok yang aku foto dan ku tanam tanpa ribet dan santai :

Cara Semai Biji Tanaman Cabai Lombok Tidak Ribet

Percaya atau tidak apa yang saya praktekkan ini sangatlah sederhana dan lumayan simpel sekali. Lalu apa sih Kiat Sukses dalam Upaya Budidaya Cabe dengan Teknik Semai versi fatoni fido gresik ?
Apa yang aku coba langsung bisa dan boleh anda tiru dirumah.

Artikel yang bisa anda baca :
Cara Bercocok Tanam Cabe
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Ternak Burung Murai Batu 
Cara beternak burung kacer 
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird

Jadi Cara Sederhana dan Simpel tanpa Ribet dalam Tahap Semai Biji Lombok atau Cabai versi Fatoni Fido Gresik yaitu :
  1. Pot bekas pakai
    Kebetulan aku memakai wadah yang tidah baru dan kebetulan ada di rumah, pada waktu itu sepertinya sudah ada tanahnya, ketika kebetulan aku berada di daerah Lamongan dan posisi waktu itu ada di sekitar kandang sapi, maka sekalian aku cari kotorannya yang lumayan sangat sudah kering, jadi sekalian aku ambil sebagian, mudah dan tidak ribet. Sepertinya pada waktu sampai dirumah aku campur aja, dan komposisi tidak ribet atau tidak pake takaran pasti. dan alkhamdulillah dengan ijin Alloh SWT aku diberi  berhasil melakukan semai dalam beberapa kali percobaan. Sebenarnya untuk masalah komposisi tanah saya meyakini dalam proses semai tidaklah begitu penting, lho kok bisa ? karena saya dahulu pernah mencoba dengan media Tisu, dan Alhamdulillah juga berhasil. Jadi rahasianya menurut aku terletak di kelembaban media tanam, jadi foto diatas aku ambil pada tanggal 12 februari 2015, dan saat ini termasuk musim hujan, jadi tentulah berbanding lurus dalam menunjang kelembaban media tanam ataupun juga sekitar.
  2. Biji Lombok atau Cabai
    Aku mengambil biji dari buahnya, menurut aku lebih ideal kalau menanam ketika biji sudah kering, kalau basah mungkin bisa menjamur kali ya.. jadi simpel dan tidak ribet mudah dan santai, ketika aku beli makanan yang ada cabe, bisa sekalian aku pake jadi bibit, :)    . Jadi Biji yang aku tanam di foto/gambar di atas bukan dari hasil beli saset/sachet.
  3. Tutup media bagian atas
    Sebenarnya aku saat ini praktek dengan dua media, yang satu tanpa tutup atas (sebagian bisa ditutupi aqua gelas) dan yang satunya lagi dengan penutup wadah yang cukup transparan, kebetulan yang ada difoto atas itu aku beri wadah penutup bekas seadanya. Tujuan utama yang aku beri penutup sebenarnya yaitu untuk melindungi dari hewan yang tidak jelas yang mencoba untuk merusak, tapi pada pagi hari kadang-kadang biasanya aku sempatin membuka penutupnya sekalian untuk melihat perkembangannya.
  4. Penyiraman
    karena saat ini musim penghujan maka seingat aku bahwa jarang sekali aku menyiramnya, analisa logika aku menyimpulkan bahwa kemungkinan air hujan meresap kemedia tanah dari bawah pot. Jika musim kemarau maka perkiraan saya, paling tidak indikatornya dari kelembaban tanah, tidak terlalu kering dan tidak terlalu banyak air, tentunya berbanding terbalik seperti tanaman padi tentunya dong. Untuk perawatan penyiraman saat ini cukup sangat simpel dan tidak ribet karena jarang pool dilakukan karena terbantukan faktor hujan yang berasal dari kebijakan Alloh SWT.
Demikian ulasan yang aku coba share ke anda semua dan aku butuh tambahan ilmu bagi yang sudah senior, monggo di share ilmunya di kotak komentar. Semoga Indonesia suatu hari akan Swasembada Pangan.
nb : Hanya takdir Alloh SWT yang menentukan berhasil tidaknya kita mencoba cara tips trik tutorial yang aku utarakan lewat tulisan diatas, jadi bila anda setelah mencobanya dan ternyata tidak bisa maka bersabarlah. tetap semangat, karena tidak menutup kemungkinan kalau ada kendala tertentu yang membuat anda tidak berhasil, tapi aku yakin kalau anda bakal berhasil menerapkannya.

Mohon maaf bila ada salah kata dan penafsiran, kritik saran aku harapkan, Artikel ini berposting mengenai Cara Semai Biji Tanaman Cabai Lombok Tidak Ribet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar