Halaman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara Mengetahui Umur Burung Berkicau

Cara Mengetahui Umur Burung Berkicau | Trik tips menentukan Usia Burung Kicauan. Mengenal dan Mengetahui atau menaksir usia pada burung kicauan bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan walaupun sifatnya perkiraan tentu dalam syarat kondisi ketetapan normal. Umumnya setiap burung berkicau memiliki ciri yang hampir sama yang dapat digunakan untuk menentukan umurnya. macam burung dan bisa di ternak / tangkar yaitu Cucak rowo (cucak rawa/ cucakrowo), Murai batu super(medan/kalimantan/borneo), Kacer (dada hitam / kalimantan dan dada putih / bandung) dll. Para kicaumania atau pakar burung sering menjelaskan tips bagaimana mengetahui usia burung kicauan dengan cara melihat ciri dari pola atau bentuk fisik burung tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Melihat Masa Mabung Burung Kicauan

    Jika burung kicauan yang anda pelihara berasal dari trotol, maka secara normal mabung (moulting) itu sekitar setahun sekali. Nah kalau sudah mengalami masa mabung sebanyak 5 kali dapat dikatakan burung kicauan tersebut berusia 5 tahun. Dan kalau anda ingin membeli burung dari peternak/pedagang burung di pasar, maka tanyakan saja sudah berapa kali mabung (moulting). Namun hal ini juga tidak dapat jadi patokan, karena terkadang ada burung kicauan yang mungkin mengalami mabung tidak normal, seperti 2 tahun sekali.
  2. Melihat Kondisi Kaki Burung Kicauan

    Trik lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui perkiraan usia burung berkicau adalah dengan melihat sisik yang ada di jari-jari kaki (jawa red : ceker) nya. Kalau sisiknya sudah menebal dan tampak keras, serta kuku-kukunya sudah panjang melengkung itu artinya kenari sudah tua atau cukup umur, biasanya burung kicauan dengan ciri seperti ini sudah berumur lebih dari 2 tahun. Sedangkan untuk burung kicauan muda, memiliki jari-jari kaki yang masih mengkilat dan nampak basah, serta kuku-kukunya masih pendek dan nampak jernih.

Artikel :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo 
Cara beternak burung kacer 
Cara Ternak Burung Murai Batu 

Cara Mengetahui Umur Burung Berkicau

Bagaimanapun ada juga burung kicauan seperti murai batu yang rajin matokin kakinya sehingga kakinya tampak selalu bersih, nah jika seperti sudah sulit untuk memperkirakan berapa umurnya. Apalagi jika burung kicauan tersebut rajin dimandikan dan disemprot dengan larutan garam hangat, maka kaki burung tersebut dapat terlihat seperti muda.

Demikian uraian singkat seputar menentukan usia burung, kesimpulan pentingnya yaitu kita tentu tidak bisa menentukan secara pasti berapa usia tepat pada burung kita, tanggal lahinnya aja belum tentu kita catat hahaha.... ^_^
Mohon maaf bila ada yang salah pada artikel ini, kritik saran bisa anda tulis di kotak komentar sob. Terimakasih . Untaian kata artikel ini mengenai Cara Mengetahui Umur Burung Berkicau

2 komentar:

  1. Soal nyawa saya lebih percaya kepada Tuhan YME daripada pendapat dari pakar burung, semua tergantung dari perawatan dan kebersihan kandang, serta pakan yang berkualitas dan ukuran kandang, saya pernah pelihara burung beo nias dengan pakan pour ayam dan buah-buahan lalu saya taruh di kandang ukuran 3 m X 3 m X 10 m, saya buat kandang ukuran kamar di taman saya, di dalam kandang ada kolam ikan kecil dan tanaman kecil yang rendah, hasilnya burung saya masih hidup sampai 15 thn lebih dan akhirnya di beli sama pejabat BUMN, karna pejabat tersebut tertarik sama burung beo saya yang pandai bicara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bang subroto, saya sangat setuju 1000% dengan anda bahwa soal berapa lama umur makhluk hidup itu hanya sang pencipta yang menentukan.

      Namun demikian bahwa maksud artikel diatas sesunggunya adalah bukan tentang prediksi lama usia burung, tapi mengetahui perkiraan saat ini usia burung yang kita lihat.

      contoh :
      ada teman menawarkan burung, tanpa kita bertanya berapa usia burung tersebut diharapkan kita bisa memperkirakan berapa kali burung tersebut mengalami masa mabung/ngorak (usianya / bukan kapan burung tersebut akan K.O)

      mohon maaf bila artikel diatas kurang begitu jelas. terimakasih anda telah mampir di sini dan saya salut atas ketelatenan anda dalam merawat burung.

      Hapus