Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Penyebab dan Tanda Burung Susah Mengeluarkan Telur

Penyebab dan Tanda Burung Susah Mengeluarkan Telur atau Egg binding. Hampir semua peternak burung mungkin sebagian pernah menghadapi masalah egg binding.didunia breeding tentulah masalah ini cukup pelik bagi pemula seperti aku ini, untuk itulah aku mengumpulkan dan mencari info dari internet sebagai berikut ulasannya.  Apa yang dimaksud dengan egg binding? Egg binding adalah ketidak mampuan betina untuk mengeluarkan telor dari kantong telornya, atau tersumbatnya saluran pembuangan telor. Tidak jarang kasus ini mengakibatkan kematian.
Ternak Labet dan Egg binding
Lantas, apa yang menyebabkan egg binding? Menurut beberapa penelitian, penyebab egg binding diantaranya adalah kegemukan, kekurangan vitamin, kekurangan kalsium, burung terlalu muda, dan beberapa teori lainnya.
website caraternakburungberkicau

Tapi banyak yang yakin bahwa penyebab utama egg binding adalah :

  1.  Nutrisi
  2.  Organ reproduksi burung yang tidak normal.
Namun jika Anda cermati, burung yang mengalami egg binding akan menunjukan perilaku berikut:
  1. Burung akan berhenti makanan.
  2. Burung akan stres dan depresi karena mereka tidak bisa membuang kotoran yang tersangkut bersama telur mereka.
  3. Kondisi perut akan membengkak di bagian ventilasi.
  4. Nafas burung akan terengah-engah dan sesak karena tersumbatnya telur.
  5. Pada akhirnya burung akan berdiam di lantai sangkar, lalu Ia akan menegakan kepalanya dan merenggangkan sayap mereka. Dan pada akhirnya Ia akan mengalami kematian karena egg binding yang dialaminya.

Penyebab Terjadinya Egg Binding pada Lovebird
Egg binding terjadi bukan tanpa sebab, melainkan disebabkan karena beberapa hal. Adapun penyebab egg binding pada lovebird adalah:

1.Indukan betina yang kekurangan kalsium saat proses perkawinan.
2.Buruknya pakan yang dikonsumsi burung.
3.Cangkang telur yang terlalu lunak.
4.Tubuh burung yang terlalu kecil sehingga telur sulit untuk keluar.
5.Sang betina berlebihan dalam mengeluarkan telur.

Lalu jika terjadi hal demikian bagaimana tindakan kita sebagai breeder? Di beberapa negara maju, seorang breeder akan membawa burungnya ke dokter hewan yang mampu mengatasi masalah tersebut. Namun Anda juga bisa melakukan upaya penanganan ini sendiri dengan cara sebagai berikut.

Mengatasi Masalah Egg Binding pada Lovebird

Untuk mengatasi egg binding pada lovebird sebanarnya Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:
  1. Masukan minyak pada kloaka burung menggunakan alat yang bernama spuit.
  2. Biarkan minyak tersebut masuk dan bereaski untuk melumasi telur yang melekat pada oviduct.
  3. Setelah itu Anda jemur burung ini di bawah terik sinar matahari selama 30 menit, namun jika cuaca sedang hujan Anda bisa menggunakan lampu pijar yang memiliki daya 60 watt.
  4. Setelah proses penjemuran masukan burung tersebut dalam sangkarnya, lalu berilah sangkar tersebut kredong.
  5. Setelah itu tunggulah sampai sang betina mampu untuk mengeluarkan telur tersebut dengan sendirinya.
  6. Jika sudah keluar, maka Anda bisa memberi betina tersebut pakan dan air. Jangan lupa Anda juga harus memberikan betina tersebut multivitamin yang khasiatnya baik untuk pemulihan kesehatannya.

Untuk mengatasi egg binding pada lovebird betina, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dokter hewan. Namun jika Anda tidak mau mengambil resiko dan takut malakukannya maka Anda bisa meminta jasa dokter hewan untuk melakukan tindakan ini.
Terlepas dari kontroversi penyebab egg binding, hal yang lebih baik adalah mengetahui cara pencegahan dan tindakan yang perlu dilakukan jika suatu saat kita menghadapi masalah tersebut.
Sebelumnya, menuju pada tindakan dalam penanganan egg binding, ada baiknya kita mengetahui bagaimana dan apa saja yang mempengaruhi pembentukan telor.

Darimana sumber Vitamin D3? Jwabannya : sinar matahari. Burung (juga makhluk hidup lainnya) memiliki kemampuan menghasilkan Vitamin D3 lewat reaksi kimia dari sinar matahari.
  • Kalsium.
    Selain untuk pembentukan tulang yang baik, kalsium juga digunakan untuk pembentukan cangkang telor. Kalsium bisa berbentuk cangkang telor ayam atau bebek, tulang sotong, batu apung dan juga pasir.
  • Vitamin D3.
    Untuk menyerap kalsium, diperlukan Vitamin D3. Tanpa vitamin ini, semua kalsium yang dimakan oleh burung akan keluar kembali menjadi kotoran. 

Pencegahan

Bagaimanapun mencegah tentulah lebih baik daripada mengobati. Apa yg bisa dilakukan untuk mencegah egg binding? Seperti telah dijelaskan diatas, selain pemberian kalsium yang cukup dan kebutuhan Vitamin D3, beberapa peternak merasa yakin bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa mencegah egg binding. Jenis makanan tersebut antara lain adalah Niger seed dan Selada. Ada juga yang memberikan minyak ikan sebagai makanan tambahan. Yang perlu digaris bawahi adalah pemberian minyak ikan yang terlalu banyak bisa mengakibatkan efek yang negatif, al: cangkang telor menjadi lembek.

Yang perlu kita sadari adalah kenyataan bahwa mengumbar burung adalah tindakan yang paling efektif untuk mencegah egg binding. Ini berlaku untuk burung yg diternak dalam sangkar kecil dan tidak ada ruang yang cukup untuk terbang. Jika burung telah bertelor dan mengeram serta membesarkan anak selama 3 periode, usahakan lah untuk mengumbar burung tersebut selama lebih kurang 1 bulan. Bagaimana dengan burung yg belum pernah bertelor? Perlakuan yang sama juga diperlukan untuk mencegah egg binding. Misalnya, sebelum dijodohkan alangkah baiknya jika betina diumbar dulu untuk jangka waktu sekitar 1 bulan.
Penanganan

Baca juga :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo
Cara Ternak Burung Murai Batu 
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird 
Cara Ternak Tledekan Pring Gunung Bakau Lokal Banyuwangi
fafi

 Jika Egg Binding telah terjadi, maka langkah berikut ini mungkin bisa dilakukan walau tingkat keberhasilan sangat kecil.

  • Pastikan burung di isolasi ketempat yang sepi dan hangat. Di dalam kandang isolasi bisa diberikan lampu penghangat. Lingkungan yang sepi diperlukan untuk mengurangi stress sehingga burung bisa konsentrasi untuk mengeluarkan telor.
  • Penambahan Kalsium bisa membantu sistem kerja otot dalam proses pengeluaran telor.
  • Oleskan minyak sayur disekitar area dubur.
  • Bisa dilakukan bantuan dengan cara memijat secara perlahan (ini sangat riskan karena jika telor pecah didalam, maka burung bisa dipastikan tidak ada kemungkinan untuk hidup.
  • Operasi. beberapa artikel yang mengulas masalah operasi tersebut. Namun kemungkinan tingkat resikonya sangat tinggi bila bukan ahlinya (mulai dari pemberian obat bius, peralatan bedah yg steril dan sebagainya).
Demikian ulasan singkat prihal betina bertelur dan apabila ada sesuatu hal yang tidak sesuai harap melayangkan di kotak komentar sebagai masukan. Artikel saat ini mengenai Penyebab dan Tanda Burung Susah Mengeluarkan Telur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar