Laman

Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Cara mengatasi Indukan Burung Lovebird Stres Masalah bertelur

Cara mengatasi Indukan Burung Lovebird Stres Masalah bertelur cukup penting, suasana sekitar ruang lingkup kandang perlu diperhatikan. Burung pasangan baru, terutama betina yang akan bertelur pertama kali sangat rentan terhadap gangguan di sekitarnya. Betina akan menjadi sangat protektif / melindungi terhadap sarangnya. Jantan akan berbunyi kencang sebagai peringatan terhadap betina apabila ada sesuatu yang mendekat di kandangnya. Jangan terlalu sering membuka kotak sarang untuk melihat apakah telur sudah ada. Hal ini akanmembuat si betina menjadi ketakutan, gelisah dan berujung stress. Jika sudah mengalami stres, proses bertelur akhirnya terganggu. Telur yang sudah terbentuk akan hilang, lalu sekitar 3 - 4 minggu kemudian kejadian serupa akan berulang kembali. Hal ini bisa berlanjut terus menerusselama pasangan tersebut masih mengalami stress.Jika tingkat stress tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bisa kemungkinan bahwa pasangan tersebut pada akhirnya menjadi pasangan afkiran, dalam arti tidak produktif. Ini ditandai dengan kejadian betina bertelur hanya 1 butir, lalu telur tersebut ditutup dengan bahan sarang, tanpa dierami. Selanjutnya tidak bertelur lagi untuk jangka waktu yang lama.

Bagaimana cara mengatasi masalah Indukan yg Setres dalam bertelur? 

Berikut adalah tips trik teknik penanganan Love bird / Labet nya:
  1. Keluarkan pasangan tersebut dari kandang penangkaran.
  2. Masukkan ke kandang umbar semula tanpa kotak sarang
  3. Istirahatkan pasangan itu untuk 2 – 3 bulan kedepan.
  4. Amati dari awal, apakah pasangan sudah siap ?
  5. Kalau siap, masukkan kembali ke kandang penangkaran dengan kotak  sarangnya.
Untuk memastikan bahwa Lovebird sudah tiba waktunya bertelur, cukup anda amati dubur (pantat) burung si betina, kalau membengkak dan kotorannya agak lembek dan berair, itu pertanda proses pembentukan telur sedang terjadi di ovarium si betina. Amati burung dari jarak tertentu. Jika si betina berada lama di kotak sarang, dan hanya sesekalisaja keluar untuk makan-minum dan buang kotoran, bisa dipastikan proses pengeraman sedang berlangsung. Amati setiap hari untuk 3 minggu kedepan. Jika tetap seperti itu, periksa kotak sarang itu. Lihat apakah benar sudah ada telur.Umumnya, telur lovebird berkisar antara 4 – 6 butir. Gizi yang buruk dapat mengakibatkan penurunan jumlah telur 2 – 3 telur saja. Gizi yang baik dan usia yang matang dapat mencapai 8 telur. Tetapi tidak semuanya akan menetas, piyik yang menetas sebanyak 6 ekor juga akan sulit dibesarkan semua oleh induknya. Jika beruntung anda justru melihat piyik yang sedang bergerak-gerak diantara telur-telur itu. Ini berarti anda telah sukses 50%. Selanjutnya yang 50% lagi adalah 5 minggu kedepan, dimanaanakan Lovebird sudah keluar dari kotak sarang dan di sapih oleh indukannya. Love bird tersebut kurang telaten dalam masalah mengeram dan mengasuh anak, sistem Titip asuh (babu) bisaditerapkan. Gunakanlah Lovebird dari jenis Agapornis Roseicollis (Non-eye ring) karena jenis tersebut terkenal akan kepiawaiannya dalam mengasuh dan membesarkan anak.

Artikel :
Cara Ternak Burung Cucak Rowo 
Cara Mudah Ternak Burung Lovebird 
Cara Ternak Burung Murai Batu 
Langkah mudah ternak Perkutut

Bagaimanapun Alloh SWT yang menentukan hasilnya, jadi anda jangan sedih tetap semangat ( Jogelo ). Yang penting usaha dalam mengatasi masalahnya.

Bila anda butuh Piyik lovebird, anda bisa membelinya pada penangkar asal daerah di kota Gresik, namanya pak faruk, silahkan anda datangi / monggo mampir. Aneka jenis lovebird cukup beragam.

Semoga anda ber jaya dalam merawat ternak lovebird / labet, begitu juga aku ( curahan hati penulis blogger : "inginnya"   ^_^ ). Bila ada yang salah dalam Artikel diatas ini , segera mohon diisi di kotak komentar di bawah ya ? . Terimakasih atas perhatiannya seputar postingan mengenai Cara mengatasi Indukan Burung Lovebird Stres Masalah bertelur

48 komentar:

  1. Bagaimana cara mudah menyilang lovebird ?
    Saya punya lovebird paskun kotor dg lovebird kepala merah, tapi untuk menjodohkan, sering kali si lovebird bertengkar.

    Mohon solusinya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi ? :
      - pastikan itu pasangan benar2 jantan betina
      - kalau bisa birahi bersamaan tentu lebih sip dong
      - bila pasti cowok cewek, trik pendekatan secara berkala dg tahap proses halus diharapkan mereka bisa jatuh cinta.
      - dll......

      Hapus
  2. Mohon saranya labet saya bertelur tp jumlahnya msh 3 udah lebih dari 3minggu .. Untuk pasokan makanya tiap 2 hr sekali saya kasih jagung muda dan kangkung tetapi telur masih saja 3 bagaimana cara membuat labet agar telur lebih dari 3 dan apakah 3 itu dapat menetas semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 asal bisa menetas sehat sudah Alkhamdulilahhirobbil Alamin.

      nanti selanjutnya dilihat gimana berikutnya.

      demikian kurang lebih mas Agus.

      Hapus
  3. Bang lovbir q dh dua kali nelor..yg pertama d pecahin ini yg kedua sarang serabutnya d buang dr glodok dgn telur2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ja'far . apa mungkin kotak gowok nya kurang bersih atau ada binatang kecil2 yg cukup mengganggu . tapi aku belum tau yg merusak sarang itu yang jantan atau betinanya milik anda.

      Hapus
  4. maaf om saya mau tanya . lb saya mengalami stress gt telurnya jaraknya jauh sekali dari proses telur ke1 dengan ke 2. untuk pemisahaan lbnya dibeda kandang apa tetep 1kandang terus cuma ambil glodoknya saja. mohon pencerahaannya om tangs sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa di ceritakan penyebab setresnya gan, siapa tau kita bisa saling membantu.

      Hapus
  5. Mas kalau anaknya udah lahir tapi mati itu penyebabnya kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku turut prihatin, sabar, ceritanya gmn ?

      kemungkinan :
      - ada sesuatu di lingkungan kandang
      - indukan ada yg nakal
      - pakan yg tidak sesuai atau terkontaminasi
      - indukan masih belajar
      - dll

      solusinya idealnya mungkin menurut aku bila menetas lagi sebagian di loloh sendiri dan sebagian oleh indukan dalam rangka sekaligus pengamatan apakah hal tersebut terulang lagi maupun menerka2 apakah sesuatu eksternal yg melingkupinya.

      semoga penjelasan ku diatas sesuai alur rel seputar piyik lovebird yg wajar.

      terimakasih mas devi atau mbak aisyah.

      Hapus
  6. gak punya saya yg laki sering nangring tenggeran meski tangkringanx dilepas ganti ke glodokx. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada sesuatu yang menarik perhatiannya gan, atau jangan2 takut sama betinanya.
      mungkin solusinya di letak

      semoga membantu ya gan

      Hapus
  7. Lb aku panratnya sudah ada telurnya, sudah 2 minggu ini aku perhatikan tp telur blm keluar juga, kemaren sayA Tabgkap lb nya dan saya olesin minyak sayur di pantatnyA. TP TETAP tidak keluar jugA TELURNYA. Mohon petunjuk apa yg harus saya lakukan lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya aku pernah mendengarkan dari penangkar asal gresik bpk. faruk , kalau tidak salah coba dengan obat salep (lewat dubur) untuk orang yg susah buang kotoran itu lho .

      Hapus
  8. Lb aku panratnya sudah ada telurnya, sudah 2 minggu ini aku perhatikan tp telur blm keluar juga, kemaren sayA Tabgkap lb nya dan saya olesin minyak sayur di pantatnyA. TP TETAP tidak keluar jugA TELURNYA. Mohon petunjuk apa yg harus saya lakukan lg?

    BalasHapus
  9. mas q pnya sepasang lb. Uda pernah produk sekali. tk ambil anakan dri glodog. selang 1 bulan bertelur 2.. tk liat 3 Minggu lagi kok ilang... dan itu terjadi untuk yg ke 2x.nya.. knpa mas.. apa mgkin itu yg di namakan afsir to q krg ngasih vit asinan dll mas...

    BalasHapus
  10. mas q pnya sepasang lb. Uda pernah produk sekali. tk ambil anakan dri glodog. selang 1 bulan bertelur 2.. tk liat 3 Minggu lagi kok ilang... dan itu terjadi untuk yg ke 2x.nya.. knpa mas.. apa mgkin itu yg di namakan afsir to q krg ngasih vit asinan dll mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada salahnya mesin penetaskah solusinya

      Hapus
  11. 1mggu yg lalu lb sy nelor 1. ud 1mggu kok g nelor2 lg y om??
    btina sma jntnny pun didlm gldok trs itu knp y ?? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  12. 1 mggu yg lalu lb sy nelor.. dan udah smggu ini tdk nelor2 lg . mhon pncerahannya pak .. jntan sm btinyapun skrg didlm glodok trs

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas utjenk, yang aku yakini bahwa jumlah telur tidah harus sama, sangat tergantung dari Takdir Alloh SWT berikut usaha kita.

      Hapus
  13. Saya ternak lovebied dgn cara koloni.. Sebelumny banyak yg bertelur dan menetas tapi sudah 7 bulan ini lovebird saya tdk ada yg menetas telurnya.. Mohon solusinya.

    BalasHapus
  14. Saya ternak lovebied dgn cara koloni.. Sebelumny banyak yg bertelur dan menetas tapi sudah 7 bulan ini lovebird saya tdk ada yg menetas telurnya.. Mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. knp ya mas soni ? apakah cuaca, kebersihan, umur, lingkungan ancaman, dsb.

      Hapus
  15. Lb saya bertelur tapi cuman 1.
    Persentase keberhasilan telurnya berapa persen gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk % keberhasilan hanya Allwoh yang tau , yg penting usaha mantap.

      Hapus
  16. Mas lb semula produk dtmen aq knpa aq pndah krmah ku malah susah produk lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lingkungan dan pola yg berbeda.

      Hapus
  17. Bos aku mau tanya...LB saya jantan ko di jabuti bulunya npa tu om?dan npa lb ku gak kunjung2 bertelur uda satu bulan...umur lebih 1tahun j/b nya...?kira apa penyebabnya tu om?

    BalasHapus
  18. Bos aku mau tanya...LB saya jantan ko di jabuti bulunya npa tu om?dan npa lb ku gak kunjung2 bertelur uda satu bulan...umur lebih 1tahun j/b nya...?kira apa penyebabnya tu om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin cara koloni lebih mudah

      Hapus
  19. Agan saya beli love bird sepasang, tp saya juga ngk tau apakah burng tersebut benar benar sepasang jantan dan betina, klu membedakan burung pernah saya uyel uyel dan tanya beberapa brender yng pengalaman burung betina dan jantan, pertanyaanya saya tak pernah tau itu burung kawin? apakah burung tersebut stress atau gimana saya kurang faham, mohon pencerahan para suhu, saya baru memulai ternak ini burung terima kasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri untuk jantan betina labet kacamata ini tidak begitu canggih, kalau sekilas saja kuranglebih jantan perkiraan lebih ramping kaki lebih merapat badan lebih singset ringan dll, kalau cara di pegang perkiraan liat di belah supit di bagian belakang burung dll. namanya juga kurang canggih jadi aku tidak bisa jamin 100% mas setiawan. mungkin bisa cari2 di dalam artikel website ini. terimakasih.

      Hapus
  20. Gan minta bantuan lb saya udah nelor 2 tpi udah tiga hari gk nambah yg ketiga...apa karna stres ato yg lain.mohon solusinya

    BalasHapus
  21. Gan minta solusi lb saya udh nelor 2 trus kandangnya saya pindah dan udh 3 hari blm nambah telurnya...apa stress ato gmn..minta solusi biar normal kembali...trimakasih

    BalasHapus
  22. Gan minta bantuan lb saya udah nelor 2 tpi udah tiga hari gk nambah yg ketiga...apa karna stres ato yg lain.mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebatas itu gan, kalau telur udah keluar kemungkinan sisa udah tinggal nunggu aja, atau juga emang jumlah telur cuman segitu. kalau masih belum sreg coba tanyakan ke kawan mas eko yg biasa ternak lovebird.

      Hapus
  23. Mohon pencerahannya..
    Lb sy udh kawin 2 hari setelah itu ngk kawin lg , apakah LB sy stres, klau demikian trs gmn cara menanganannya biar kawin lg , makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebentar gan, maksudnya labet anda gimana caranya biar tiap hari sekali kawin ? waduuuh serem juga yaa... :)

      Hapus
  24. Tanya bos.. LBku bertelurnya gak rutin,misal skrang bertelur trus 3 hari kemudian bertelur lagi,Sampai total 9 telur. Sekarang ini udah menetas cuma 1, usia 2 hari, apakah yang 8 telur di tunggu atau di buang telurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dilihat dari pertanyaannya mas cuncun, aku kira anda jauh lebih hebat dan pro masalah ternak labet, kalau aku sih rakyat kecil gan. salam kenal dari aku buat anda.

      Hapus
  25. Mas mohon infonya mas.. Kalo saya nelor 7 tp setiap menetas indukannya selalu membuang ankaknya.. Itu gmna solusinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow . nelor 7 itu menetas semua ya mas Ricky

      kalau boleh di share perawatan nya mas Ricky dari pakan dan treatment nya

      aq pemula nih, solusinya mungkin :
      - di HF atau di suapi alias di loloh.
      - EF nya di turunkan tingkat birahi.
      dll.

      wih ganas 7 telur asal netas semua. jempol.

      Hapus
  26. Gan mau tanya lovebird saya yg betina kok makan terus yaa dan nggk pernah masuk glodoknya kenapa yaa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan terus gimana gan , aku jadi bayangin dia di tempat pakan milet dan disitu terus makan dan makan dan makan selalu. :)

      untuk masalah gelodok sepertinya banyak faktor, salah satunya bisa jadi karena:
      - belum pernah di tangkar
      - belum birahi
      - bentuk gelodok / ukuran / bau pelitur/cat
      - ada sesuatu di dalamnya
      - dan lain sebagainya

      Hapus
  27. Lovebird ku nelur kok cuman 1 aja ya udah sebulan cuma satu aja dan sarangnya dibuang keluar glodok solusinya gimana

    BalasHapus
  28. Kalau lb saya nelur 1 aja udah sebulan gak nambah dan sarangnya di buang keluar itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Akmal maulana, indukan udah pernah menetas kah gan

      atau ada sesuatu di gelodok

      Hapus